Friday, June 27, 2014

Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat

InfoTech Review akan membahas tuntas mengenai cara instal flash palyer di Android dengan mudah dan cepat. Namun sebelumnya InfoTech Review akan menjelaskan apa dan kenapa sebenarnya terjadi pada Adobe Flash Player tidak support di perangkat Android, yang sebelumnya tersedia di Play Store untuk diunduh dan dipasang di perangkat Android. Seperti InfoTech Review kutip dari  Android  Enthusiasts Stack Exchange, "Adobe memutuskan untuk menghentikan dukungan  Flash Player di Android karena HTML5 tidak perlu flash player untuk memutar video. Sayangnya, itu tidak berarti semua situs web yang Anda kunjungi akan menggunakan HTML5 bukannya Flash  itu pasti menyenangkan, Jika beberapa situs web yang Anda ingin melihat menggunakan Flash, berarti menggunakan perangkat Android Ice Cream Sandwich Versi 4.0. yang diunduh dari Play Store, dan untuk versi 4.1 dan versi lebih tinggi versi terakhir dari Adobe Flash Player kini tidak lagi tersedia melalui Play Store, Anda harus menginstalnya dari aplikasi pihak ketiga atau dari Adobe flash player for Android dari situs Adobe."

Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat

Adobe Flash Player hanya menghentikan dukungan, tidak berarti bahwa itu tidak akan bisa dipasang di perangkat Android, Adobe hanya mendukung flash player pada perangkat tertentu saja seperti perangkat browser untuk PC, Sistem Operasi PC, dan juga mobile. Adobe tidak akan memperbaikinya atau mendukungnya dalam artian software atau aplikasi flash player untuk Android Jelly Bean versi 4.1 pihak Adobe tidak mengembangkannya lagi dan dalam implementasinya Adobe tidak lagi memberikan "certified" untuk Flash Player for Android. Jadi bisa ditarik kesimpulan kenapa Adobe Flash Player tidak tersedia di Android, Alasannya adalah;

1. Fitur HTML 5 sudah banyak digunakan di browser dan laman website saat ini di perangkat mobile, Android khususnya, dimana kehadiran HTML 5 lebih memperkaya fitur konten multimedia seperti bisa memutar video tanpa menggunakan flash player dari Adobe.

2. Adobe menghentikan, dan tidak lagi mengembangkan dan mendukung Aplikasi Flash Player di Android versi 4.1 dan versi lebih tinggi sampai KitKat sekarang. Namun meskipun demikian Android masih bisa diinstal Flash Player dari website Adobe atau pihak ketiga lainnya.

Bagaimana Cara Instal Adobe Flash Player di perangkat Android?

Sebenarnya tidak ada masalah dan kekhawatiran sedikut pun dengan informasi resmi dari Adobe tersebut. Bagi Anda yang masih ingin bermain game atau menonton video dengan format .SWF , FLV, atau animasi flash atau juga melihat konten multimedia lain yang menggunakan flash, Anda bisa menginstal nya dengan mendownload dari website, baik itu website Adobe ataupun website pihak ketiga lainnya yang menyediakan software, atau aplikasi flash player untuk Android. Berikut Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat;

1. Donwload Adobe Flash Android di  Archive Flash Player Version 
Setelah membuka halaman tersebut pilih versi Flash Player berdasarkan versi sistem operasi Android Anda. 

  • Versi terbaru yang dirilis Adobe Flash Player adalah versi 11.1.115.81 untuk perangkat Sistem Operasi Android Ice cream Sandwich versi 4.0.3 dan 4.0.4 
  • Versi yang terakhir rilis Adobe Flash Player  adalah versi 11.1.111.73 untuk Android OS 2.x dan 3.x dari OS Android versi eclair, Froyo, Gingerbread, dan Honeycomb.
  • Untuk Android Jelly Bean 4.1.x  atau Sistem operasi Android versi terbaru bisa dilakukan dengan Adobe Flash Player Android versi terbaru 11.1.115.81, namun dengan catatan download bisa dari PC atau dari browser default Android Anda. Setelah download jangan instal dulu ikuti cara berikut ini;
  1. Setelah Download, jangan instal terlebih dahulu ada perlu pengaturan pada perangkat Android, baik itu di HP Android, atau tablet. Kalau download dari PC pindahkan dulu ke SD Card perangkat Android. 
  2. Jika perangkat Android Anda berbahasa Indonesia, Masuk ke Pengaturan, dan pilih Pengaman dan pilih Sumber Tidak diketahui, dan centang dan pilih OK. Jika berbahasa Inggris Pilih Setting di perangkat Android, kemudian pilih Security, dan Pilih Unknown sources dan centang dan pilih OK.
Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat
2. Tutup Browserdan Install Adobe Flash Player
Dan pilih dengan sentuh Adobe Flash Player yang didownload dan kemudian Instal. Tunggu sampai proses pemasangan selesai.
Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat

3. Setelah selesai instalasi, Test Flash Player di Web browser bawaan Android
Sebelum melakukan tes untuk menentukan berhasil atau tidak flash player terinstal dengan baik, maka setting dulu browser Android Anda dengan cara Buka Buka Browser, Dan sentuh tombol disamping Home Android, pilih Pengaturan paling bawah, kemudian Pilih Tingkat Lanjut, Pilih Aktifkan Plugin dan pilih Selalu Aktif. Seperti gambar
Cara Instal Flash Player di Android Dengan Mudah dan Cepat

Lalu test Flash Player di Android, dengan mengunjungi website Adobe Flash Untuk melakukan test. Jika gambar di browser bergerak, berarti Flash Player bekerja dengan baik di perangkat Android Anda. Atau juga cari file flash kemudian jalankan.

4. Jangan Lupa Mengembalikan settingan Pengaman awal atau security
Yang tadinya kita Centang Sumber Tidak diketahui ( Unknow Sources) maka kembalikan pada keadaan awal dengan tidak mencentang.

5. Semoga berhasil.
Silakan berbagi jika pengalaman dalam pemasangan flash player di Android berhasil dengan share informasi ini ke sosial media.

Refferensi:

Review Software Antivirus Terbaik 2013

       Antivirus untuk PC adalah hal yang sangat penting, khususnya untuk PC dengan sistem operasi Windows. Berapa banyak dana yang akan dihabiskan oleh perusahaan perbankan misalnya jika sebuah sistem dimasuki oleh virus atau serangan malware yang berbahaya, mungkin bisa mencapai jutaan Dollar untuk memperbaiki sistem yang terkena virus tersebut. Begitu juga dengan PC pribadi, jika virus menyerang semua data penting bisa saja hilang tanpa terselamatkan. Inilah pentingnya Antivirus. Antivirus terbaik adalah antivirus yang mampu melindungi sistem dari serangan virus, malware, worm, trojan dan serangan hacker berupa phising dan jenis penipuan online lainnya.

Berdasarkan review software dari PC Mac, untuk antivirus terbaik saat ini di tahun 2013 dan 2014  masih dikuasai oleh BitDefender, Yaitu BitDiffender Antivirus Plus. Mari kita simak review Antivirus ini dari beberapa sumber review yang InfoTech rangkai dalam Review Software Antivirus Terbaik 2013.

Review Software Antivirus Terbaik 2013 BitDefender Antivirus Plus

Proteksi Windows 7

Dari sisi proteksi seperti yang dilansir oleh Topten Review, BitDefender Plus memiliki kemampuan untuk memproteksi virus di Windows 7 dengan score 100 persen, mengalahkan pesaing nya Kaspersky Anti-Virus dan Norton AntiVirus. Dari sisi pemakain di Windows 7 BitDefender juga mendapatkan score 100 persen.

Spesifikasi dan Fitur

  • BitDefender Autopilot
  • BitDefender Safepay
  • Credit Monitoring
  • Social Network Protection
BitDefender selalu melindungi identitas Anda di jejaring sosial. 
  • Antiphishing
Antiphising juga tersedia di BitDefender,  untuk mengatasi berbagai penipuan melalui email dan chat
  • Search Advisor
Saat Anda menelurusi pencarian di mesin pencari Antivirus terbaik ini juga tidak tinggal diam, BitDefender akan terus siaga memperingatkan user agar menghindari situs-situs yang dianggap tidak aman oleh antivirus ini.
  • USB Immunizer
USB Anda yang terhubung dengan internet akan selalu melindungi virus yang mencoba mengusik USB anda. 

System RequirementSistem operasi : Microsoft Windows XP SP3 ( 32-bit ) , Vista ( SP2 ) ,Windows 7 ( SP1 ) , Windows 8CPU : Intel CORE Duo ( 1,66 GHz ) atau prosesor setaraMemory ( RAM ) :1 GB ( Microsoft Windows XP )1,5 GB ( Microsoft Windows Vista dan Windows 7 )Tersedia ruang hard disk bebas : 2,8 GB ruang bebas ( minimal 800 MB pada sistem drive)

Performance

Untuk perfgormance antivirus terbaik 2013 ini, sangat efektif untuk memblokir, menghapus, menetralkan dan mencegah infeksi malware.
BitDefender Antivirus Plus menyesuaikan untuk mengoptimalkan operasi dan mempertahankan kecepatan. Dalam rangka mempertahankan kinerja maksimum yang memberikan kontribusi untuk kemudahan penggunaan.

Help dan Support

Tapi untuk saat-saat ketika Anda membutuhkan bantuan tambahan atau dukungan dengan masalah tertentu, bantuan tersedia 24/7 melalui layanan telepon, email atau online live chat.  
Bantuan bagian khusus di website BitDefender mencakup artikel, suatu pengetahuan, file bantuan, tips dan berbagai video tutorial. Support ini akan membantu Anda untuk menemukan jawaban dan informasi yang relevan.

Harga

Dari segi harga Antivirus terbaik 2013 ini juga sangat terjangkau, Hanya sekitar $29.95, harga yang sangat terjangkau dengan kualitas perlindungan PC yang komplit.

Kesimpulan Review Antivirus Terbaik 2013

      Untuk kualitas sebuah Antivirus, pastikan mampu memblokir, menghapus, menetralkan dan mencegah infeksi malware, trojan, worm, dan ancaman berbahaya melalui hacker yang menyerang melalui phising, carding, chat, email dan jenis penipuan lainnya, dengan BitDefender Plus mampu mengcover semua masalah perlindungan PC Anda. Dengan fitur dan spesifikasi yang mampu mengatasi berbagai masalah PC, dan bantuan support 24 jam selama 7 hari melalui telpon, email dan live chat. Untuk harga sangatlah terjangkau dengan kualitas dan fitur yang sekomplit ini. 

Refferensi:

Printer 3D; Teknologi Terbaru di Dunia Percetakan

Printer 3D adalah salah satu teknologi terbaru di dunia percetakan, dimana teknologi pertcetakan 3 dimensi ini akan menjadi salah satu tren teknologi di masa depan. Printer 3D adalah alat cetak dalam bentuk 3 dimensi (juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography) di mana sebuah objek tiga dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan.

Printer 3D; Teknologi Terbaru di Dunia Percetakan

Teknologi printer 3 Dimensi akan menghasilkan benda padat, dan bukan seperti mencetak selembar 2D seperti printer yang sudah biasa Anda gunakan. Printer 3D ini akan melengkapi teknologi printer 2D yang sudah lama kita gunakan sebagai alat cetak yang outputnya berupa lembaran dua dimensi.

 Penggunaan Printer 3D

3D printer ini bisa mencetak, modelling, prototipe /pemodelan, alat-alat peraga untuk pendidikan khususnya Lab, model perhiasan, desain produk, mainan anak-anak dan berbagai kebutuhan untuk mencetak bentuk dalam 3 dimensi.

Cara Kerja Printer 3D
Cara kerja printer 3D hampir sama dengan Andamencetak di printer 2D namun hanya sisi desainya yang berbeda. Cara kerjanya;

1. Desain Model
Jika ingin melihat hasil kerja dari printer 3D Anda harus buat dulu desain model dalam bentuk tiga dimensi, dan ini juga menggunakan software khusus untuk model desain 3D( Seperti Auto CAD, dan software animasi 3D) yang mendukung printernya, misalnya Anda desain Gambar 3D Robot untuk Anak Anda atau untuk percobaan dengan menggunakan software desain 3D

2. Printing
Jika terlah selesai didesain 3D Robotnya Anda bisa langsung print di printer 3D. Proses mencetak pun dimulai, lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model.

3.Finishing
Setelah dicetak, proses finishing pun dilakukan, dengan melihat hasil cetakan dari desain 3D robot yang Anda buat. Begitulah cara kerja printer 3D

Harga Printer 3D

Untuk harga printer 3D ini masih tergolong mahal, wajar bahannya juga mahal dan juga lebih besar uurannya begitu juga dengan beratnya, untuk harga 1 buah printer 3D ini bisa mencapai Rp. 30.000.000, itu juga tergantung merek, dan berapa besar cetakan 3D yang dihasilkan. Seperti merek-merek terkenal seperti MakerBot, UP, FlashForge, PrintrBot dan lain-lain.

Teknologi Printer 3D ini akan melengkapi printer 2D yang sudah ada, dan printer 3D ini akan menjadi teknologi terbaru dibidang percetakan, karena banyak orang masih bingung, dan bertanya apa sih printer 3D itu?, bagaimana cara kerja printer 3 dimensi? harga printer 3D berapa? Semoga informasi dari Infotech 
 
Refferensi:

Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik

Cara Memilih nama domain untuk blog/website bukanlah asal main comot saja, perlu pertimbangan khusus dan detail untuk memilihnya. Karena akan mempengaruhi traffik ke website atau blog nanti. Ibarat sebuah menyewa toko untuk berdagang, Anda harus memilih lokasi yang tepat untuk lokasi berdagang Anda, lokasi yang ramai dan banyak dilewati orang akan menentukan akan menentukan lancar tidaknya sebuah bisnis jual beli begitu juga dengan nama domain apalagi untuk bisnis online.

Memilih nama domain tidak ubahnya meriset pasar ketika kita hendak memulai usaha, dan dalam pemilihan domain tidak ada ubahnya seperti pemilihan lokasi berjualan, dan ini adalah hal mendasar dalam memulai sebuah bisnis baik jual beli barang dan jasa. Dan domain untuk bisnis apalagi bisnis online sama saja dengan riset pasar karena bisnis online juga sudah mulai berkembang di Indonesia.

Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik

Berikut ini tips memilih nama domain yang InfoTech Review kutip dari imuzcorner.com dan sumber lainnya yang dirangkum lengkap pada Tips dan Cara Memilih Nama Domain Terbaik.

1. Pilih Nama Domain yang Singkat.

Memilih nama domain yang singkat berguna untuk mudah mengingatnya, jangan terlalu berbelit-belit sehingga susah mengingatnya. Pronunciation dari websitenya juga jangan terlalu ribet, agar lebih gampang diingat, di eja dan di cari oleh pencari di Search Engine, ini adalah alasan dasar untuk memilih nama domain.

2. Pilih Nama domain yang Spesific dan identik.

Spesifik dan identik maksudnya kalau memilih nama domain untuk perusahaan gunakanlah nama perusahaan tersebut atau yang berkaitan dengan produk perusahaan tersebut. Kalau blog personal gunakan lah nama Anda untuk nama domain atau bisa disiasati dengan nama sebutan atau nama yang familiar Anda.

Khusus untuk blog atau website bisnis, ini tips penting; Kalau Anda ingin membuat blog/website untuk bisnis internet dengan Google Adsense pakailah keyword yang mahal untuk nama domain blog bisnis Anda. Keyword mahal itu maksudnya bisa dilihat di Google Adwords contoh keyword yang mahal di yang mempunyai CPC (Cost Per Click) antara 5 USD samapai 34 USD CPC nya, Lumayankan?? Seperti keyword; Insurance, Forex dan Loan Education, silahkan cek di google Adwords, ini keyword yang mahal.  Manfaatnya adalah jika kita memakai nama domain dengan keyword yang mahal nanti setelah blog itu jadi google akan menempatkan Adsense yang mahal juga CPC nya di blog kita tersebut, yang pastinya kontennya juga tidak jauh-jauh dari nama domain tersebut.

Kalau mau lebih spesifik, ketik keyword yang mau dibuat nama domain tadi di Google Trends, dan lihat trendnya dimana, kalau trendnya di Amerika, silahkan beli domain berekstensi  “us” atau “uk” untuk blog  kalau Inggris, Misalnya Online dating Trendnya di Amerika jadi beli Domain berkekstensi “us” http://www-americansingles.us/ dan bahasanya juga Inggris. Nah begono..tertarik membuat blog komersil?? Nah pakai keyword yang mahal untuk domain dan kontennya. O iya.. satu lagi Anda juga harus lihat kompetitor Anda dengan nama domain dan keyword tersebut, silahkan cari nama domain/keyword tersebut di Goolge.com, dan coba pula memakai tanda petik-keyword-tutup petik untuk melihat pesaing Anda. Untuk memudahkan penetrasi pasar pastinya.

Bisa juga menggunakan nama domain dengan kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari dengan melakukan riset di Adwords Planner atau Software Market Samurai. Gunakan nama domain positif dan jangan menggunakan domain yang berbau tidak enak didengar.

3. Mensiasati Ekstensi Domain.
Nah ini penting juga, Kalau nama domain yang kita inginkan sudah terpakai, untuk mengecek domain yang sudah dipake atau belum lihat disini http://whois.domaintools.com/namadomain.com, aturan dalam memilih domain: Nama Domain hanya boleh menggunakan huruf dan angka, karakter lain yang di perbolehkan adalah tanda “-” (baca: strip atau dash), tetapi karakter “-” tidak diperbolehkan berada di awal dan akhir sebuah nama domain. Misalnya http://imuzcorner.com/. Spasi dan karakter lain tidak diperbolehkan. Untuk nama domain, maksimun karakter yang diperbolehkan adalah sebanyak 63 karakter, tidak termasuk extensi domain (.com/.net/.org/.info dll). Nama domain biasanya menggunakan huruf kecil semua, walaupun ketika di ketik menggunakan huruf besar/kapital pada browser juga bisa. Pilihan extensi utama ketika Anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selanjutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz, atau domain terbaru Indonesia dengan id, dan lainnya.

4. Beli Domain Berdasarkan Lokasi

Jika tujuan untuk website bisnis dari riset pasar yang Anda sudah lakukan pada poin kedua, kalau misalnya lokasi yang ingin Anda targetkan di Indonesia, website bisnis Anda bisa menggunakan domain id, atau di negara-negara lain yang ingin ditargetkan sebagai pangsa pasar bisnis online Anda. Pemilihan nama domain juga harus dengan format ASCII.

5. Beli Domain satu paket dengan Hosting
Jika menggunakan platform website seperti Wordpress, Joomla dan paltform website lainnya, sebaiknya beli paket domain dan hosting bersamaan, agar memudahkan Anda dalam memperpanjang masa berlaku domain dan hosting begitu juga dengan kecepatan hosting. 
 
Refferensi:

Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus

Kehilangan data di perangkat Android baik itu hilang atau terhapus bisa diambil kembali dengan recovery data menggunakan software recovery khusus untuk perangkat Android. Kehilangan data penting di smartphone atau tablet Android tentu akan membuat Anda panik, namun tidak usah panik InfoTech Review akan memberikan Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus dengan software gratis. Data yang hilang dan terhapus biasanya adalah Gambar, Nomor kontak, pesan SMS, Video, baik itu di internal memori maupun di SD Card eksternal memori.


Cara Pertama Recover Data Hilang di Android

Jika data hilang, dan data itu penting untuk ditemukan kembali, ada software yang bisa dijalankan di PC atau komputer dan dihubungkan dengan Smartphone/Tablet Android melalui kabel USB. File data yang hilang dan terhapus baik saat reset setingan pabrik ataupun tidak sengaja terhapus bisa dikembalikan ke perangkat Android Anda tanpa mengalami kerusakan file sama sekali. Dan Software ini sangat efektif untuk mengembalikan data tersebut.

Berikut cara menjalankan software untuk recovery data Android yang dikutip dari Android-Recovery.net;

1. Download Software Adroid Recovery tool ke PC kemudian Install di PC

Download Untuk PC yang menggunakan Windows
Download Untuk PC yang menggunakan Machintosh

2. Sambungkan Perangkat Android dengan PC

Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat Android Anda. Kemudian ikuti tips di bawah ini untuk mengaktifkan USB debugging. Versi OS Android yang berbeda memiliki cara yang berbeda.
  •  Untuk Pengguna Android 2.3 atau sebelumnya  Klik "Settings" <"Aplikasi" <"Pembangunan" <"USB debugging".Mendebug USB kemudian centang 

  •  Untuk Pengguna Android 3,0-4,1  Masukkan "Settings" <"Pilihan pengembang" dan memeriksa "USB debugging". atau Mendebug USB kemudian centang
  • Untuk Pengguna Android 4.2 atau yang lebih tinggi Klik "Settings" <"Tentang Telepon" dan tekan "Build number" untuk beberapa kali sampai "Anda berada di bawah modus pengembang". Kemudian kembali ke "Settings" <"Pilihan pengembang" <"USB debugging" Mendebug USB kemudian centang
3. Setelah Tersambung Maka Lakukan Start untuk melakukan scanning terhadap file atau data yang hilang dan terhapus.  
Maka Akan muncul notifikasi untuk mengizinkan Software mencari di perangkat maka klik "Allow" di Perangkat Android sampai kemudian klik start kembali.

4.  Maka hasil scan data recovery dari Android Anda akan muncul Setelah terlihat beberapa file yang ditemukan maka klik "Recover" di PC untuk mengembalikan data ke perangkat Android.

Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus


5.  Selesai

Cara Kedua Recover Data Terhapus di Android
Mengatasi Data terhapus di perangkat Android baik itu tablet dan smartphone, ada aplikasi terbaik untuk mengembalikan file data yang terhapus tanpa disengaja ataupun disengaja dan dianggap perlu untuk mengembalikannya di perangkat Android. Berikut cara recoveri data dari file yang terhapus. Aplikasi Dumpster - Recycle Bin adalah aplikasi Android yang bisa didownload di Play Store Google dan dipasang di perangkat Android.


Cara Recovery Data Di Perangkat Android Yang Hilang dan Terhapus

Aplikasi ini tidak perlu koneksi internet, tinggal memilih file yang ingin dikembalikan kemudian klik OK, selanjutnya aplikasi ini akan menunjukkan file yang hilang beberapa waktu lalu. Aplikasi ini persis seperti Tong Sampah (Recycle Bin) di Komputer Windows, disaat kita restore file akan kembali ke folder atau ke lokasi file semula.

Semoga cara recovery data atau cara mengembalikan data yang hilang di Android ini bisa bermanfaat untuk mengembalikan file penting yang tanpa sengaja terhapus dan hilang dari sistem Android.

Refferensi:

Beberapa Hal yang Harus Anda Tahu pada Handphone Layar Sentuh

     Sampai sekarang ini, handphone layar sentuh ini tidak pernah surut. Hampir setiap hari, setiap bulan selalu terjual di pasaran, baik berOS iOS, BlackBerry, Windows Phone atau yang lagi booming saat ini, Android. Hal ini dikarenakan kemudahnnya dalam mengoperasikan. Handphone apapun yang langsung bersentuhan dengan layar harus mendapat perhatian lebih. Sebab, jika layarnya sudah tidak bisa digunakan maka handphonenya pun juga tidak bisa digunakan.

      Selain itu, handphone layar sentuh ini tidak boleh jatuh atau terbanting, ada kemungkinan sangat besar handphone ini untuk rusak seketika. Maka perlu adanya perhatian lebih terhadap handphone ini. Ada beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan atau memiliki handphone layar sentuh ini. Paseban menyajikannya dengan sedikit tips untuk merawat handphone layar sentuh:

Medan Magnet Touchscreen
Bagian ini merupakan bagian penting dari yang harus Anda perhatikan. Medan magnet ini begitu rentang untuk rusak jika tidak di rawat dengan baik. Akibat dari tidak d rawatnya bagian ini adalah akan sangat merusak pada sistem kinerja pada layar sentuh Anda. Sehingga, handphone akan rusak dan tidak dapat digunakan.
Untuk mengatasi hal itu, Anda harus menghindari beberapa benda yang tidak boleh berdekatan dengan handphone. Adapun benda tersebut adalah benda yang mangandung daya magnet juga. Misalnya televisi tabung, speaker dan juga magnet gelondongan. Semua itu harus Anda hindari untuk menghindari kerusakan pada handphone yang Anda miliki.

Medium Konduktif atau Penghangat Listrik
Maksud dari medium konduktif ini adalah sentuhan secara langsung dengan sesuatu yang mengandung penghantar listrik. Jika hal ini dilakukan maka layar sentuh pada handphone Anda akan cepat mengalami kerusakan. Medium konduktif tersebut adalah keringat. Jadi, hindari sebisa mungkin ketika menelpon untuk tidak dalam keadaan berkeringat.
Maka antisipasinya adalah dengan memanfaatkan handset yang ada pada handphone. Dengan bantuan alat ini maka akan terhindar sentuhan secara langsung dengan handphone. Dengan handset, handphone yang Anda miliki cukup diletakkan di dalam saku atau di bagian lagi yang jauh dari medium konduktif.

Suhu yang Sangat Tinggi
Bukan hanya medium konduktif yang dapat merusak handphone melainkan juga suhu yang sangat tinggi di sekitar Anda. Maka untuk menghindari kerusakan, Anda harus menjauhkan diri handphone tersebut dari suhu yang terlalu tinggi. kerusakan tersebut terdapat pada bagian layar sentuh Anda.
Adapun suhu normal untuk tempat yang tepat dalam menggunakan handphone layar sentuh adalah antara 0 sampai 50 derajat celcius. Bukan hanya itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah tingkat kelembaban. Tingkat kelembaban minimal adalah lima persen.

Listrik Statis
Listrik statis juga merupakan bagian yang dapat menyebabkan bagian layar sentuh pada handphone Anda rusak. Oleh karena itu Anda harus menghindari berbagai hal yang dapat merusaknya. Misalnya, gesekan pada kain atau plastik yang ada di rumah Anda.

Sentuhan pada Layar
Handphone layar touchscreen atau layar sentuh juga bisa rusak dari sentuhan. Meskipun model dari handphone ini sentuhan namun Anda juga harus mengetahu batasan-batasannya. Jika Anda menyentuh dengan sentuhan yang keras bukan tidak mungkin layar tersebut akan rusak. Jadi, Anda harus menyentuh layar tersebut dengan pelan dan hati

Tegangan yang Kurang Stabil
Anda sangat disarankan untuk mengisi handphone tersebut ketika kurang dari 20%. Hal ini dilakukan karena setiap kali sentuhan itu mengandung listrik. Maka untuk menghindari baterai cepat habis, Anda harus segera mengisinya. Akibat dari hal ini juga akan menyebabkan rusaknya layar sentuh pada handphone Anda.
 
Refferensi:

KPK Melawan 'Kutukan' Tambang

Tak semua negara mendapat karunia berupa kekayaan tambang. Sayangnya, kebanyakan negeri yang diberkahi dengan gelimang sumber daya mineral justru bukan negara berpendapatan tinggi. Afrika Selatan, Timor Leste dan Indonesia, misalnya. Sebagai negara dengan kekayaan sumber daya mineral yang melimpah ruah justru tingkat kesejahteraan rakyatnya masih memprihatinkan.

Kenyataan ini dipotret seorang ahli ekonomi pertambangan asal Colorado School of Mines Amerika Serikat, Roderick G Eggert, dalam karyanya yang berjudul Mining and Economic Sustainability: National Economies and Local Communities. Tulisan itu mempertanyakan apakah kekayaan sumber daya alam berupa bahan tambang hadir sebagai sebuah “kutukan”. Sebab, Eggert melihat kekayaan tambang di banyak negara justru belum membawa kekayaan dan kesejahteraan bagi rakyatnya. Fakta ini juga sangat merefleksikan kondisi Indonesia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pertambangan umum untuk tahun 2011 hanya Rp22,4 triliun. Dalam kurun dua tahun pun peningkatannya belum signifikan. Pada tahun 2013 negara baru mampu mengumpulkan PNBP tambang sebesar Rp26,4 triliun. Angka tersebut masih di bawah target pemerintah Rp33,1 triliun.

Menurut teori yang dikemukakan Eggert, tambang menjelma sebagai kutukan akibat kebijakan tak tepat sasaran. Faktor ini rupanya juga menyusup di lahan tambang Ibu Pertiwi. Pasalnya, menurut peneliti kebijakan perpajakan dari Perkumpulan Prakarsa, Yustinus Prastowo, penyebab penerimaan negara di sektor tambang tak optimal adalah adanya kendala peraturan.

"Aturan sudah ada, tetapi interpretasi otoritas pajak sering berbeda dengan tafsir pengusaha,” katanya.

Yustinus menjabarkan, kendala peraturan terjadi tatkala ada perubahan peraturan di sektor tambang, terutama terkait kontrak karya. Dengan alasan bahwa kontrak itu lex spesialis, investor pun berkukuh kewajiban pajak mengikuti kontrak. Akibatnya, banyak pengusaha tambang yang mangkir dalam urusan pajak.

Data Indonesian Corruption Watch menunjukan, tak lebih dari 40% perusahaan tambang yang memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP). Dari sekitar sepuluh ribu izin usaha pertambangan (IUP) yang diterbitkan, baru 3.600 pemegang IUP yang memiliki NPWP. Dari sejumlah pemegang NPWP pun masih banyak perusahaan yang belum tertib menyerahkan data produksi dan setoran pajak.

Padahal, jelas Peraturan Presiden No. 26 Tahun 2010 mewajibkan setiap perusahaan tambang untuk menyampaikan laporan pembayaran penerimaan negara dan volume hasil tambang. Laporan ini nantinya akan diaudit oleh auditor independen dan akan dibandingkan dengan data penerimaan negara. Sayangnya, dari 128 perusahaan tambang di Indonesia, 59 diantaranya belum menyetor data penting tersebut.

“Laporan ini penting karena bagian dari upaya Indonesia masuk kelompok negara-negara yang transparan dalam industri pertambangannya,” tandas Maryati Abdullah, anggota Tim Transparansi Industri Eksktraktif.

Bukan hanya persoalan pajak yang tak disetorkan, minimnya penerimaan negara juga karena sering terjadi conflict of interest di lahan tambang. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencium aroma konflik itu di banyak daerah. Biasanya, konflik kepentingan terjadi karena adanya indikasi penerbitan izin terkait dengan pemilihan kepala daerah.

“Dalam industri pertambangan di Indonesia saat ini, ada korelasi antara IUP, bupati, pilkada, dan partai politik. Jadi, bupati dari partai politik sebagian dijadikan ATM parpol, ini nggak sehat. Hal inilah yang saat ini coba untuk dirapihkan pemerintah bersama KPK,” ungkap Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas.

Bersih-bersih korupsi
Bagai peri, KPK pun hadir mengoptimalkan penegakan hukum di lahan tambang sebagai mantra anti-kutukan tambang. KPK memulai langkahnya dengan melakukan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi. Di dua belas provinsi, KPK melakukan kegiatan koordinasi dan supervisi atas pengelolaan pertambangan.

“Ini dimaksudkan untuk mengawal perbaikan sistem dan kebijakan pengelolaan PNBP mineral dan batubara,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi SP.

Dari hasil koordinasi dan supervisi yang dilakukan, KPK memutuskan akan mencabut 35 IUP dalam waktu dekat. Sebab, penerbitan tersebut terindikasi terkait pilkada di beberapa daerah di Kalimantan.

"Motifnya political conflict of interest dari bupati. Hampir semua bupati representasi partai politik," ungkap Johan Budi.

Selain itu, KPK berhasil mendorong sinergi antara Kementerian ESDM dengan Kementerian Keuangan. Kedua kementerian itu akan menata sistem pengelolaan IUP. Seluruh IUP yang berjumlah 10.900 akan ditata secara elektronik. Dengan demikian, perusahaan pemegang IUP yang membayar PNBP, secara otomatis pembayarannya akan terekam di semua kementerian.

Lebih konkrit lagi, penerimaan negara dari lahan tambang pun bertambah. Para pemilik IUP didorong untuk ntuk membayar royalti, iuran tetap, dan lainnya. Direktur Perencanaan Program Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Paul Lubis, menyebutkan bahwa dalam dua bulan pasca-pembenahan yang dilakukan KPK bersama kementeriannya, sudah masuk Rp8 triliun dari perusahaan tambang.

Paul mengatakan, kebanyakan yang disetorkan adalah pajak yang belum dibayarkan. Namun demikian, banyak juga penyetoran kewajiban lain terkait kepemilikan tambang seperti biaya reklamasi, royalti, dan dana pasca tambang.

"Hasil dari KPK, semua utang mereka diinventaris. Kalau mereka tidak membayar dalam waktu enam bulan akan diserahkan ke penegak hukum. Kami yakin dalam enam bulan ke depan seluruh hak pemerintah akan dapat kembali dengan utuh," jelas Paul.

Refferensi:

Bos Freeport Kembali Datangi ESDM

CEO Freeport McMoran Copper & Gold Inc., Richard C. Adkerson, kembali mendatangi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebelumnya, Adkerson juga pernah menyambangi Kementerian ESDM terkait dengan ketentuan bea keluar ekspor mineral. Kali ini, Adkerson menemui Direktur Jenderal Mineral dan Batubara. Diduga, pertemuan tersebut terkait penyelesaian renegosiasi kontrak tambang milik perusahaan tambang raksasa itu.

Adkerson tiba di kantor Ditjen Minerba KESDM pada siang hari, sekitar pukul 14.30. Tak terlihat ada petinggi Freeport Indonesia yang mendampingi kedatangannya. Kunjungan Adkerson berlangsung cukup singkat.

Sekitar pukul 15.00 ia keluar dari kantor Ditjen Minerba sambil bergegas menuju kendaraannya. Meskipun diberondong pertanyaan oleh beberapa jurnalis yang mengerubunginya, Adkerson bergeming untuk mengeluarkan pernyataan.

“I have no comment,” ujarnya lugas seraya menuju kendaraannya, Selasa (24/6).

Usai kepergian Adkerson, pejabat Ditjen Minerba pun tak ada yang memberikan pernyataan. Kendati demikian, ada dugaan cukup kuat bahwa pertemuan tersebut terkait dengan kepastian investasi yang akan diberikan Freeport kepada pemerintah, serta jaminan pemerintah atas investasi tersebut. Pasalnya, beberapa waktu lalu Menteri ESDM, Jero Wacik, sempat mengatakan pihaknya melibatkan Kejaksaan Agung dan ahli hukum dalam merumuskan jaminan kepastian investasi bagi Freeport.

Wacik menjelaskan bahwa hingga saat ini pemerintah masih belum menemui titik temu dengan perusahaan asal Amerika Serikat itu terkait renegosiasi kontrak. Dengan demikian, Kementerian ESDM pun masih terus mengupayakan proses renegosiasi. Hanya saja, Wacik mengakui ada kekhawatiran hal itu tak bisa diselesaikan dalam periode pemerintahan saat ini. Oleh karena itulah ia meminta masukan dari Kejaksaan Agung dan beberapa ahli.

"Kami masih menunggu masukan dari para ahli," katanya singkat.

Terkait dengan perpanjangan kontrak, Wacik mengingatkan bahwa kontrak tersebut akan berakhir pada tahun 2021. Sementara, permohonan perpanjangan kontrak dapat diajukan paling cepat dua tahun sebelum masa kontrak berakhir. Artinya, Freeport baru bisa mengajukan perpanjangan kontrak pada tahun 2019 mendatang.

“Dengan kata lain, pemerintahan SBY ini tidak memiliki kewenangan untuk memberi perpanjangan. Perpanjangan kontrak memang dilema. Kalau dikeluarkan sekarang bisa masalah. Padahal mereka  investasi lebih dari AS$12 miliar, dan kalau tidak ada indikasi perpanjangan bagaimana," ucap Wacik.

Kekhawatiran tak bisa diselesaikannya renegosiasi dengan segera, diakui Wacik membuat pemerintah harus memberi kepastian investasi. Ia menyebut, meskipun pemerintah belum memutuskan perpanjangan kontrak dengan Freeport, pihaknya tetap akan memberi kepastian investasi kepada Freepor. Ia mengatakan, Freeport menginginkan kepastian pengembalian investasi (return of investment). Menurut Wacik, hal ini sangat rasional karena pelaku usaha melakukan hal yang sama apabila telah menggelontorkan dana besar dalam berinvestasi.

"Jadi bagaimana caranya kami tidak menyatakan memperpanjang tapi mereka nyaman," tambahnya.

Indonesian Human Right Committe for Social Justice (IHCS), Gunawan mengingatkan, agar pemerintah terbuka kepada masyarakat dalam proses renegosiasi ini. Menurutnya, selama ini tim evaluasi penyesuaian kontrak karya yang dibentuk atas amanat Keppres No. 3 Tahun 2012 membahas renegosiasi secara tertutup. Diamelihat, tim itu enggan melibatkan warga lokal. Padahal, menurut Gunawan, kontrak karya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak tidak sama dengan perjanjian usaha antara perusahaan.

"Tidak bisa renegosiasi ini hanya diwakili Jero Wacik atau Kementerian ESDM dengan manajemen Freeport semata. Bahkan dari pelaksanaan negosiasi terkesan dicegah munculnya persepsi bahwa ini persoalan publik. Padahal ini tidak sekadar hubungan privat," tegasnya.
 
Refferensi:

BI Dukung Larangan Bertransaksi Dolar di Pelabuhan

Bank Indonesia (BI) mendukung langkah pemerintah yang melarang transaksi di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, transaksi di dalam negeri harus menggunakan mata uang rupiah.

Hal tersebut sesuai amanat dari UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. “UU itu harus kita patuhi karena dibuat oleh pemerintah dan DPR. Dan UU itu harus dipatuhi oleh penduduk Indonesia,” kata Mirza di komplek perkantoran BI di Jakarta, Jumat (27/6).

Dalam Pasal 21 Ayat (1) huruf c UU Mata Uang disebutkan bahwa rupiah wajib digunakan dalam transaksi keuangan yang dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “UU itu mengatakan bahwa semua transaksi di dalam negeri apakah itu tunai dan non tunai itu harus dilakukan dalam rupiah,” katanya.

Namun, lanjut Mirza, fakta yang terjadi masih terdapat transaksi komersial di Indonesia yang menggunakan mata uang dolar AS. Misalnya, transaksi terkait sewa menyewa propert, jual beli gas di dalam negeri hingga ongkos-ongkos pelabuhan. Padahal, transaksi-transaksi tersebut bukanlah transaksi ekspor impor, seperti pembayaran utang luar negeri.

Ia menilai, masih maraknya transaksi di dalam negeri yang menggunakan mata uang dolar AS lantaran banyak yang belum paham substansi dari UU Mata Uang tersebut. Atas dasar itu, BI dan pemerintah akan terus berkoordinasi dan melakukan sosialisasi terkait substansi UU tersebut.

“Maka sekarang BI bersama pemerintah membuat masyarakat paham tentang adanya UU (Mata Uang) itu, karena ada sanksi pidananya. Sekarang kita sosialiasikan lagi,” tutur Mirza.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung meminta transaksi keuangan di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan mata uang rupiah. Permintaan ini sesuai dengan penerapan UU Mata Uang yang mewajibkan seluruh transaksi di dalam negeri menggunakan mata uang rupiah.

“Transaksi di lingkungan RI harus menggunakan mata uang rupiah. Kami sudah meminta PT Pelindo II agar seluruh perusahaan (di Pelabuhan Tanjung Priok) bisa mengimplementasikan UU itu,” kata pria yang disapa Chairul ini, Kamis (26/6).

Menurut Chairul, selama ini masih banyak transaksi keuangan di kawasan pelabuhan seluruh Indonesia, tidak hanya Tanjung Priok, yang menggunakan mata uang dolar AS dan belum sepenuhnya memanfaatkan rupiah. Ia berjanji, akan melakukan sosialisasi kewajiban penggunaan mata uang rupiah dalam setiap bertransaksi di wilayah Indonesia ini ke masyarakat.

“Kami akan melakukan sosialisasi selama tiga bulan, agar penggunaan rupiah bisa dilaksanakan di pelabuhan seluruh Indonesia, dan tidak ada lagi tekanan rupiah terhadap dolar secara berlebihan,” tutur Chairul.

Meski begitu, ia menilai transaksi perdagangan di kawasan pelabuhan menggunakan dolar AS masih wajar. Namun, amanat UU mata uang harus tetap dilaksanaka. Jika dilanggar, terdapat ancaman pidananya. “Di pelabuhan itu berlaku sistem internasional, jadi memang memakai dolar AS. Tapi UU ini menegaskan semua harus menggunakan rupiah, kalau tidak sanksinya pidana. Ini seharusnya berlaku sejak UU ini diterbitkan pada 2011,” katanya.

Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino tidak mempermasalahkan permintaan dari pemerintah untuk menggunakan rupiah dalam setiap transaksi keuangan. Hal ini dikarenakan pemanfaatan rupiah di kawasan pelabuhan telah meningkat dari tahun ke tahun.

Ia menjelaskan dari pendapatan PT Pelindo II yang tercatat mencapai Rp7,5 triliun pada 2013, sebanyak 65 persen transaksi keuangan telah menggunakan mata uang rupiah, atau meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu tahun 2009, 60 persen pendapatan kita dalam dolar, 40 persen dalam rupiah. Tapi sekarang rupiah makin banyak, sekitar 35 persen dalam dolar, karena pendapatan domestik dalam negeri jauh lebih banyak,” katanya.

Lino mengatakan, PT Pelindo II bisa melakukan sosialisasi kepada pengguna jasa, dengan mewajibkan penggunaan rupiah dalam seluruh transaksi keuangan di wilayah pelabuhan. Meski begitu, tarif pelayanan yang tercantum dalam dolar AS tetap dicantumkan.

“Nanti tarifnya tetap dalam dolar AS, tapi yang disepakati pembayarannya dalam rupiah. Kita kasih tahu saja (kepada pengguna jasa, red), kita terima dalam rupiah, dengan kursnya segini, memakai kurs beli dan kurs jual,” tutupnya.

Perbedaan Black Campaign Dan Negative Campaign

Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) dan Pemilihan Presiden (RUU Pilpres) masih terus dibahas Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat. Masukan-masukan terus di disuarakan oleh pengamat. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan black campaign (kampanye hitam) memang harus dihindari, tetapi negative campaign (kampanye negatif) justru perlu dipelihara. Negative campaign itu sangat penting, ujarnya di Jakarta, hari ini (12/9).  

Qodari menjelaskan perbedaan mendasar antara kampanye hitam dengan kampanye negatif. Kampanye negatif sesuai fakta, sedangkan kampanye hitam tidak sesuai fakta, ungkapnya. Menurutnya, seorang kandidat bisa saja menuduh lawan politiknya melakukan korupsi, asalkan tuduhan tersebut bersifat faktual. Ia mencontohkan salah satu kampanye negatif yang pernah dilakukan adalah kampanye untuk tidak memilih politisi busuk pada Pemilu 2004 lalu.

Menurut Qodari, kampanye negatif merupakan suatu keniscayaan dalam berpolitik. Pada dasarnya, lanjut Qodari, dalam kampanye setiap kandidat berusaha melakukan dua hal: Menunjukkan hal-hal yang baik terkait dirinya dan melakukan hal-hal lain yang terkait dengan saingan atau lawan politiknya, ujarnya.

Namun sayangnya, Qodari belum melihat adanya pembedaan yang tegas antara kampanye hitam dan negatif baik dalam RUU Pemilu maupun RUU Pilpres. Ia justru melihat dalam RUU Pemilu ada pasal yang maksudnya untuk menghalangi kampanye hitam, tapi bisa juga mematikan kampanye negatif.

Pasal 103 ayat (2) RUU Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD
Pemberitaan kampanye dilaksanakan berdasarkan prinsip:
a. adil dan berimbang;
b. faktual;
c. tidak mengandung unsur SARA; dan
d. tidak provokatif 

Qodari mempertanyakan maksud provokatif dalam huruf d pasal tersebut. Dimana batasan provokatif? tanyanya. Karena, menurutnya tindakan kampanye negatif juga bisa dikatakan sebagai tindakan provokatif. Oleh sebab itu, ia mendesak Panitia Khusus RUU Pemilu DPR untuk merumuskan pembedaan kampanye hitam dan negatif.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Yasona H Laoly setuju apabila dipertegas perbedaan tersebut. Namun, menurutnya harus dirumuskan dulu secara tepat definisi kampanye hitam. Jangan sampai nanti disalahgunakan, ujarnya. Pengaturan tersebut, menurutnya sangat berguna untuk membuat pemilu dilakukan secara fair, dewasa dan bermartabat.

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Cetro Hadar Gumay juga setuju dengan Qodari. Menurutnya, kampanye negatif bisa saja dilakukan dengan fakta-fakta yang dimiliki baik oleh saingannya maupun orang ketiga. Dan fakta itu bisa dipertanggungjawabkan, katanya.

Namun, Hadar mengingatkan resikonya cukup besar. Potensi ricuh dalam pemilu lebih besar. Nanti juga akan terjadi Pemilu maki-maki, jelasnya. Tetapi, lanjutnya, semua itu bisa diminimalisir dengan pengaturan yang jelas. 

      Menurut Hadar lebih baik kita menjadi orang yang jujur. Daripada nanti belakangan baru diributkan belakangan, ujarnya. Ia juga mengakui gerakan jangan pilih politisi busuk pada pemilu 2004 sebagai bentuk  kampanye negatif. Sayangnya, ketika itu, gabungan LSM tidak menyebutkan nama politisinya karena alasan tidak memiliki dokumen yang lengkap.

       Hadar juga mengakui bila kampanye negatif tidak disertai bukti dan fakta maka resiko hukum bisa ditanggung orang yang membeberkan. Bisa dituduh pencemaran nama baik, ujarnya.

Tak perlu diatur RUU
    Anggota Dewan Pers Wina Armada Sukardi berpendapat sedikit berbeda. Meski mengaku pengaturan kampanye hitam sangat diperlukan, namun menurutnya tak perlu diatur dalam RUU Pemilu atau RUU Pilpres. UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik sudah cukup, ujarnya memberi alasan. Bila kampanye hitam hanya diartikan melalui pers saja, tambahnya.

       Menurut Wina, ada asas-asas dalam UU Pers maupun Kode Etik Jurnalistik yang bisa digunakan untuk menghalangi kampanye hitam. Misalnya menghormati asas praduga tak bersalah dan menguji informasi yang didapatnya. Ada juga, lanjut Wina, yang dimaksud sebagai unsur kepatutan. Misalnya ada berita melalui SMS dari salah satu kandidat, katanya.

     Bahkan, secara garis besar, Wina tidak setuju bila RUU Pemilu atau RUU Pilpres mengatur mekanisme kerja pres. Seharusnya fokus pada masalah Pemilu saja, ujarnya. Malah lebih bahaya lagi, pengaturan dalam RUU tersebut dapat menjadi kriminalisasi terhadap pers, bila melihat pada rancangan yang ada.

       Laoly memiliki pendapatnya sendiri. Menurutnya, selain bisa dilakukan oleh pers, kampanye hitam bisa juga dilakukan selain oleh pers. Contohnya, bisa melalui selebaran. Terkait hal ini, lanjutnya, pengaturan dalam RUU Pemilu dan RUU Pilpres masih sangat dibutuhkan.

       Kesimpulannya perbedaan antara negative campaign dan black campaign adalah pada isinya pada negative campaing isinya lebih berdasarkan pada fakta yang ada sedangkan pada black campaing isinya lebih kepada isu yang belum terbukti kebenarannya.

Refferensi:

Black Campaign

     Penggunaan metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumors yang tersebar mengenai sasaran kepada para kandidat atau calon kepada masyarakat agar menimbulkan presepsi yang dianggap tidak etis terutama dalam hal kebijakan publik. komunikasi ini diusahakan agar menimbulkan fenomena sikap resistensi dari para pemilih, kampanye hitam umumnya dapat dilakukan oleh kandidat atau calon bahkan pihak lain secara efisien karena kekurangan sumber daya yang kuat untuk menyerang salah satu kandidat atau calon lain dengan bermain pada permainan emosi para pemilih agar pada akhirnya dapat meninggalkan kandidat atau calon pilihannya.

Bagaimana menghadapi black campaign?

     Secara karikatur, aktor dibalik kampanye negatif itu ibarat bayang-bayang raksasa yang sedang tertawa. Dia ada diantara kerumunan massa yang bimbang. Tidak ada yang menduga bagaimana rupanya, kadang bisa seperti malaikat berwajah lembut tetapi bisa berwatak liar dengan mata nanar.
Mari kita lihat, adakah peluang untuk menghadapinya?

I. Bila anda kandidat
      Black campaign, dalam beberapa pola, akan menjadi semakin kuat bila dilawan. Karena kita sedang menghadapi hantu dengan demikian kita tidak tahu siapa musuh. Sudah menjadi hukum alam bahwa aksi sebanding dengan reaksi. Ketika kita memukul tembok maka reaksinya bisa berbeda. Semakin keras kita memukul maka semakin keras penolakan. Bila lembut kita memukul maka lembut pula tolakan dari tembok.
Dalam kasus seperti ini  black campaign  akan hilang bila tidak dilawan. Tujuan kampanye negatif ini salah satunya untuk menarik perhatian massa. Bila kita terpancing maka kasus menjadi besar dan kemudian akan menjadi perhatian publik. Salah satu target kampanye negatif tercapai. Namun dia akan hilang bila kita santai menghadapi.
Tentu tidak semua kampanye negatif harus didiamkan. Adakalanya kita harus menanggapi tetapi tentu dengan santai dan sebisa mungkin guyon.  Guyonan  cerdas berpotensi mengalihkan isu tersebut. Jadi santai saja jangan emosional. Tidak akan ada untungnya bertarung dengan hantu.
Kita menghamburkan energi. Model lain untuk mengalihkan isu adalah dengan membalikan dia menjadi senjata kita. Teori kelemahan menjadi kekuatan adalah model cerdas. Kita tidak perlu hambur energi untuk menghimpun kampanye. Cukup menunggu lalu cerdas menjawab, misalnya dengan mengatakan kita terdzolimi. Terkadang upaya ini ampuh menampung simpati massa. Yang sulit adalah pola tersistematis dengan penyusupan pihak lawan untuk menghancurkan dari dalam. Maka yang harus dilakukan adalah sterilisasi kelompok kita, dengan mengenali kawan dan lawan. Infiltrasi dari luar yang masuk ke dalam jauh lebih berbahaya dari musuh didepan mata. Dalam teori manajemen konflik hal ini hanya bisa diatasi dengan menjaga setiap kawan dan mengawasi setiap lawan. Bila ada yang terindikasi sebagai penyusup tidak elok juga bila kita reaktif. Hal itu seringkali justru itu sebagai “bunuh diri”. Yang cerdas adalah rawat dia baik-baik, raih simpatinya, namun jangan beri ruang terlalu luas untuk speak out. Niscaya keuntungan akan menjadi milik kita. Dan menghadapi pola ini evaluasi akan menjadi penting.
     Dari setiap kampanye negatif, tidak semua berada pada area negatif. Terkadang pada kampanye seperti itu yang keluar dari orang yang tidak berkepentingan langsung dengan kompetisi yang sedang berlangsung adalah cermin.
Umumnya kampanye ini tidak menyerang sisi subyektif tetapi sisi obyektif. Tidak menyangkut pribadi tetapi lebih mengarah pada kinerja atau program. Kalau memang dia senyatanya maka tentu dia berguna sebagai cermin. Kita dapat berkaca darinya.

II. Bila anda masyarakat
      Kenali setiap kandidat yang tampil. Berpikirlah obyektif dan tidak subyektif. Kinerja yang dihasilkan bukan berdasarkan latar belakang dirinya tetapi apa yang hendak dilakukannya tentu berdasarkan data pengalaman yang nyata. Ini fakta empirik. Karena itu penting bagi masyarakat sebagai massa pemilih untuk mengenali lebih jauh setiap kandidat yang tampil. Tetapi persoalannya adalah sejauh mana dia mampu memberikan ksejahteraan kepada seluruh masyarakat.

III. Bila anda aparat
      Aparat di daerah sangat berpotensial meredam aksi  black campaign. Setiap aparatur didaerah yang  akses informasinya lemah maka akan menjadikan aparat daerah sebagai tempat bertanya. Bila demikian maka jawablah dengan proporsional. Katakan yang sebenarnya bila tahu sebenar-benarnya tetapi katakan tidak bila memang tidak tahu. Atau jangan katakan apapun bila kemudian akan mendiskreditkan calon lain secara subyektif. Sesuai dengan UU maka setiap aparat wajib untuk bersikap netral, tidak memihak. Aparat juga bertanggung jawab menolak kampanye negatif.

Seberapa ampuh  black campaign?

    Kampanye adalah upaya mengangkat citra baik dimata massa pemilih untuk meraih simpati. Tetapi dia juga berpotensi memberikan citra buruk dimata setiap  konstituen.  Sepintas black campaign menjanjikan kemenangan. Namun dia tidak akan berarti apa-apa bila kita cerdas mengolahnya menjadi kekuatan kita. Kultur politik kita memang dalam masa transisi, peralihan, dan mungkin masih belajar. Secara sistem kunci dari itu semua adalah penegakan hukum. Dan secara non-sistem marilah kita belajar untuk jujur terhadap diri sendiri. Bangsa ini akan mundur bila praktek ketidak jujuran masih berjalan. Karena ini sangat menentukan tingkat kedewasan kita dalan berdemokrasi.

      Jadi menurut saya black campaign adalah sebuah rayuan, sindirin dan rumor yang sengaja disebarluaskan kepada masyarakat dengan tujuan utuk menjatuhkan salah satu kandidat dalam sebuah pemilihan pejabat publik yang biasanya dilakukan dengan media internet, surat kabar dan elektronik.

Refferensi:

Etika Forensik

Berikut ini adalah beberapa definisi dari IT Forensik :
  1. Penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal.
  2.  Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.
  3.  Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.
  4. Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan.
Mengapa IT Forensik dibutuhkan Penggunaan IT Forensik memiliki beberapa tujuan antara lain :
  • Mendapatkan fakta-fakta obyektif dari sebuah insiden / pelanggaran keamanan sistem informasi. Fakta-fakta tersebut setelah diverifikasi akan menjadi bukti-bukti (evidence) yang akan digunakan dalam proses hukum.
  • Mengamankan dan menganalisa bukti digital. Dari data yang diperoleh melalui survey oleh FBI dan The Computer Security Institute, pada tahun 1999 mengatakan bahwa 51% responden mengakui bahwa mereka telah menderita kerugian terutama dalam bidang finansial akibat kejahatan komputer. Kejahatan Komputer dibagi menjadi dua, yaitu :
    1. Komputer fraud : kejahatan atau pelanggaran dari segi sistem organisasi komputer.
    2. Komputer crime: kegiatan berbahaya dimana menggunakan media komputer dalam melakukan pelanggaran hukum.
     
Contoh-contoh prosedur dan lembar kerja Audit IT

PROSEDUR IT AUDIT:
– Mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti bagaimana sistem informasi dikembangkan, dioperasikan, diorganisasikan, serta bagaimana praktek dilaksanakan: 
  • Apakah IS melindungi aset institusi: asset protection, availability
  • Apakah integritas data dan sistem diproteksi secara cukup (security, confidentiality )
  • Apakah operasi sistem efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi, dan lain-lain
CONTOH – CONTOH
  • Internal IT Deparment Outputnya Solusi teknologi meningkat, menyeluruh & mendalam dan Fokus kepada global, menuju ke standard2 yang diakui.
  • External IT Consultant Outputnya Rekrutmen staff, teknologi baru dan kompleksitasnya Outsourcing yang tepat dan Benchmark / Best-Practices
CONTOH METODOLOGI AUDIT IT

  • BSI (Bundesamt für Sicherheit in der Informationstechnik)
  • IT Baseline Protection Manual (IT- Grundschutzhandbuch ) 
  • Dikembangkan oleh GISA: German Information Security Agency
  • Digunakan: evaluasi konsep keamanan & manual
  • Metodologi evaluasi tidak dijelaskan
  • Mudah digunakan dan sangat detail sekali
  • Tidak cocok untuk analisis resiko
  • Representasi tdk dalam grafik yg mudah dibaca
Tools yang digunakan untuk audit IT dan IT forensic
Hardware:  
  • Harddisk IDE & SCSI. kapasitas sangat besar, CD-R,DVR drives
  • Memori yang besar (1-2GB RAM)
  • Hub, Switch, keperluan LAN
  • Legacy hardware (8088s, Amiga, …)
  • Laptop forensic workstations
Software  
  • Viewers (QVP http://www.avantstar.com dan http://www.thumbsplus.de
  • Erase/Unerase tools: Diskscrub/Norton utilities)
  • Hash utility (MD5, SHA1)
  • Text search utilities (search di http://www.dtsearch.com/)
  • Drive imaging utilities (Ghost, Snapback, Safeback,…)
  • Forensic toolkits. Unix/Linux: TCT The Coroners Toolkit/ForensiX dan Windows: Forensic Toolkit
  • Disk editors (Winhex,…)
  • Forensic acquisition tools (DriveSpy, EnCase, Safeback, SnapCopy,…)
  • Write-blocking tools (FastBloc http://www.guidancesoftware.com) untuk memproteksi buktibukti
Sedangkan alasan menggunakan IT Forensik antara lain :
  • Dalam kasus hukum, teknik komputer forensik sering digunakan untuk menganalisis sistem komputer milik terdakwa (dalam kasus pidana) atau milik penggugat (dalam kasus perdata).
  • Untuk memulihkan data jika terjadi kegagalan atau kesalahanhardware atau software.
  • Untuk menganalisa sebuah sistem komputer setelah terjadi perampokan, misalnya untuk menentukan bagaimana penyerang memperoleh akses dan apa yang penyerang itu lakukan.
  • Untuk mengumpulkan bukti untuk melawan seorang karyawan yang ingin diberhentikan oleh organisasi.
  • Untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana sistem komputer bekerja untuk tujuan debugging, optimasi kinerja.
Refferensi:

Etika Audit

Menurut bahasa Yunani Kuno, etika berasal dari kata ethikos yang berarti “timbul dari kebiasaan”. Etika adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Etika terbagi menjadi tiga bagian utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi penggunaan nilai-nilai etika/
Auditing adalah suatu proses dengan apa seseorang yang mampu dan independent dapat menghimpun dan mengevaluasi bukti-bukti dari keterangan yang terukur dari suatu kesatuan ekonomi dengan tujuan untuk mempertimbangkan dan melaporkan tingkat kesesuaian dari keterangan yang terukur tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Etika dalam auditing adalah suatu proses yang sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan ekonomi, dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut, serta penyampaian hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
KEPERCAYAAN PUBLIK
Etika dalam  auditing adalah suatu prinsip untuk melakukan proses pengumpulan dan pengevaluasian bahan bukti tentang informasi yang dapat diukur mengenai suatu entitas ekonomi untuk menentukan dan  melaporkan  kesesuaian informasi yang dimaksud dengan kriteria-kriteria yang dimaksud yang dilakukan oleh seorang yang kompeten dan independen.
Profesi akuntan memegang peranan yang penting dimasyarakat, di mana publik dari profesi akuntan yang terdiri dari klien, pemberi kredit, pemerintah, pemberi kerja, pegawai, investor, dunia bisnis dan keuangan, dan pihak lainnya bergantung pada objektifitas dan integritas akuntan dalam memelihara berjalannya fungsi bisnis secara tertib. Ketergantungan ini menimbulkan tanggung-jawab akuntan terhadap kepentingan publik. Kepentingan Publik merupakan kepentingan masyarkat dan institusi yang dilayani anggota secara keseluruhan. Ketergantungan ini menyebabkan sikap dan tingkah laku akuntan dalam menyediakan jasanya mempengaruhi kesejahteraan ekonomi masyarakat dan negara.
Kepercayaan masyarakat umum  sebagai pengguna jasa audit atas independen sangat penting bagi perkembangan profesi akuntan publik. Kepercayaan masyarakat akan menurun jika terdapat bukti bahwa independensi auditor ternyata berkurang, bahkan kepercayaan masyarakat juga bisa menurun disebabkan oleh keadaan mereka yang berpikiran sehat (reasonable) dianggap dapat mempengaruhi sikap independensi tersebut. Untuk menjadi independen, auditor harus secara intelektual jujur, bebas dari setiap kewajiban terhadap kliennya dan tidak mempunyai suatu kepentingan dengan kliennya baik merupakan manajemen perusahaan atau pemilik perusahaan. Kompetensi dan independensi yang dimiliki oleh auditor dalam penerapannya akan terkait dengan etika. Akuntan mempunyai kewajiban untuk menjaga standar perilaku etis tertinggi mereka kepada organisasi dimana mereka bernaung, profesi mereka, masyarakat dan diri mereka sendiri dimana akuntan mempunyai tanggung jawab menjadi kompeten dan untuk menjaga integritas dan obyektivitas mereka.
(Nugrahiningsih, 2005 dalam Alim dkk 2007)
TANGGUNG JAWAB AUDITOR KEPADA PUBLIK
Profesi akuntan di dalam masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam memelihara berjalannya fungsi bisnis secara tertib dengan menilai kewajaran dari laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan. Ketergantungan antara akuntan dengan publik menimbulkan tanggung jawab akuntan terhadap kepentingan publik. Dalam kode etik diungkapkan, akuntan tidak hanya memiliki tanggung jawab terhadap klien yang membayarnya saja, akan tetapi memiliki tanggung jawab juga terhadap publik. Kepentingan publik didefinisikan sebagai kepentingan masyarakat dan institusi yang dilayani secara keseluruhan. Publik akan mengharapkan akuntan untuk memenuhi tanggung jawabnya dengan integritas, obyektifitas, keseksamaan profesionalisme, dan kepentingan untuk melayani publik. Para akuntan diharapkan memberikan jasa yang berkualitas, mengenakan jasa imbalan yang pantas, serta menawarkan berbagai jasa dengan tingkat profesionalisme yang tinggi. Atas kepercayaan publik yang diberikan inilah seorang akuntan harus secara terus-menerus menunjukkan dedikasinya untuk mencapai profesionalisme yang tinggi.
Justice Buger mengungkapkan bahwa akuntan publik yang independen dalam memberikan laporan penilaian mengenai laporan keuangan perusahaan memandang bahwa tanggung jawab kepada publik itu melampaui hubungan antara auditor dengan kliennya. Akuntan publik yang independen memiliki fungsi yang berbeda, tidak hanya patuh terhadap para kreditur dan pemegang saham saja, akan tetapi berfungsi sebagai ”a public watchdog function”. Dalam menjalankan fungsi tersebut seorang akuntan harus mempertahankan independensinya secara keseluruhan di setiap waktu dan memenuhi kesetiaan terhadap kepentingan publik. Hal ini membuat konflik kepentingan antara klien dan publik mengenai konfil loyalitas auditor.
Hal serupa juga diungkapan oleh Baker dan Hayes, bahwa seorang akuntan publik diharapkan memberikan pelayanan yang profesional dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan dari contractual arragment antara akuntan publik dan klien.
Ketika auditor menerima penugasan audit terhadap sebuah perusahaan, hal ini membuat konsequensi terhadap auditor untuk bertanggung jawab kepada publik. Penugasan untuk melaporkan kepada publik mengenai kewajaran dalam gambaran laporan keuangan dan pengoperasian perusahaan untuk waktu tertentu memberikan ”fiduciary responsibility” kepada auditor untuk melindungi kepentingan publik dan sikap independen dari klien yang digunakan sebagai dasar dalam menjaga kepercayaan dari publik.
Tanggung Jawab Dasar Auditor
The Auditing Practice Committee, yang merupakan cikal bakal dari Auditing Practices Board, ditahun 1980, memberikan ringkasan (summary) mengenai tanggung jawab auditor:
1. Perencanaan, Pengendalian dan Pencatatan. Auditor perlu merencanakan, mengendalikan dan mencatat pekerjannya.
2. Sistem Akuntansi. Auditor harus mengetahui dengan pasti sistem pencatatan dan pemrosesan transaksi dan menilai kecukupannya sebagai dasar penyusunan laporan keuangan.
3. Bukti Audit. Auditor akan memperoleh bukti audit yang relevan dan reliable untuk memberikan kesimpulan rasional.
4. Pengendalian Intern. Bila auditor berharap untuk menempatkan kepercayaan pada pengendalian internal, hendaknya memastikan dan mengevaluasi pengendalian itu dan melakukan compliance test.
5. Meninjau Ulang Laporan Keuangan yang Relevan. Auditor melaksanakan tinjau ulang laporan keuangan yang relevan seperlunya, dalam hubungannya dengan kesimpulan yang diambil berdasarkan bukti audit lain yang didapat, dan untuk memberi dasar rasional atas pendapat mengenai laporan keuangan.
INDEPENDENSI AUDIT
 Independensi
Definisi Independensi Akuntan Publik
Independensi berarti sikap mental yang bebas dari pengaruh, tidak dikendalikan oleh orang lain, tidak tergantung pada orang lain. Independensi dapat juga diartikan adanya kejujuran dalam diri auditor dalam mempertimbangkan fakta dan adanya pertimbangan yang obyektif tidak memihak dalam diri auditor dalam merumuskan dan menyatakan pendapatnya.
Dalam melaksanakan proses audit, akuntan publik memperoleh kepercayaan dari klien dan para pemakai laporan keuangan untuk membuktikan kewajaran laporan keuangan yang disusun dan disajikan oleh klien. Oleh karena itu, dalam memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang diperiksa, auditor harus bersikap independen terhadap kepentingan klien, para pemakai laporan keuangan, maupun terhadap kepentingan akuntan publik itu sendiri. Penilaian masyarakat atas independensi auditor independen bukan pada diri auditor secara keseluruhan. Oleh karena itu, apabila seorang auditor independen atau suatu Kantor Akuntan Publik lalai atau gagal mempertahankan sikap independensinya, maka kemungkinan besar anggapan masyarakat bahwa semua akuntan publik tidak independen. Kecurigaan tersebut dapat berakibat berkurang atau hilangnya kredibilitas masyarakat terhadap jasa audit profesi auditor independen.
Tujuan audit secara umum dan spesifik
 
Tujuan audit umum adalah untuk menyatakan pendapat atas kewajaran dalam semua hal yang material, posisi keuangan dan hasil usaha serta arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Tujuan audit spesifik ditentukan berdasarkan asersi-asersi yang dibuat oleh manajemen yang tercantum dalam laporan keuangan.
b. Klasifikasi Asersi
Asersi-asersi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Keberadaan atau keterjadian (existence or occurance )
2. Kelengakapan (completeness)
3. Hak dan kewajiban (right and obligation)
4. Penilaian atau pengalokasian (valuation or allocation )
5. Penyajian dan pengungkapan (presentation and disclosure)
6. Ketepatan administrasi (Clerical Accuracy)
Asersi sangat penting karena membantu auditor dalam memahami bagaimana laporan keuangan mungkin disalah sajikan dan menuntun auditor dalam mengumpulkan bukti Auditor menggunakan asersi untuk :
• Membuat keputusan tentang penilaian resiko dengan mempertimbangkan tipe salah saji potensial yang mungkin terjadi.
• Menentukan prosedur audit yang cocok dengan asersi dan penilaian risiko.

Klasifikasi asersi :
1. Keberadaan atau keterjadian (existence or occurence)
Asersi tentang keberadaan atau kejadian berhubungan dengan :
• Apakah aktiva atau hutang suatu perusahaan benar-benar ada pada tanggal tertentu dan apakah transaksi yang tercatat benar-benar terjadi selama periode tertentu.
• Asersi keberadaan berkaitan dengan akun-akun riil yang tercantum dalam neraca ( akun aktiva, akun utang dan akun modal).
• Sedangkan asersi keterjadian berkaitan dengan akun-akun nominal yang tercantum dalam laporan rugi-laba ( akun pendapatan dan akun biaya )
2. Kelengakapan ( Completeness )
Asersi ini berhubungan dengan apakah semua transaksi dan akun (rekening) yang semestinya disajikan dalam laporan keuangan telah dicantumkan.
3. Asersi hak dan kewajiban
Asesri ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan asersi keberadaan atau kejadian. Keeratan hubangan ini mengakibatkan salah satu kantor akuntan publik besar di indonesia, yang berafiliasi dengan suatu kantor akuntan publik asing dari amerika serikat yang menganggap keduanya adalah satu dan menamakannya sebagai asersi genuine.
4. Penilaian atau pengalokasian (valuation or allocation)
Asersi tentang penilaian atau pengalokasian berhubungan dengan apakah komponen-komponen aktiva, utang, pendapatan, dan biaya sudah dimasukkan dalam laporan keuangan pada jumlah yang semestinya. Dengan demikian asersi penilaian berkaitan dengan akun-akun riil yang tercantum pada neraca. Asersi pengalokasian berkaitan dengan apakah akun-akun nominal yaitu pendapatan dan biaya telah dicantumkan pada laporan rugi laba dengan jumlah yang semestinya.
5. Penyajian dan pengungkapan (presentation and disclosure)
Asersi tentang penyajian dan pengungkapan berhubungan dengan apakah komponen-komponen tertentu dalam laporan keuangan sudah diklasifikasikan, dijelaskan, dan diungkapkan secara semestinya.
6. Ketepatan administrasi ( Clerical Accuracy )
Asersi ini merupakan salah satu tujuan khusus auditing. Ketepatan klerikal atau ketepatan administrasi merupakan suatu keadaan berjalannya kegiatan klerikal secara tepat sesuai system yang telah ditentukan.
Asersi dan tujuan audit spesifik
Dalam Auditor mengidentifikasi tujuan audit spesifik berdasarkan asersi laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen karena setiap tujuan spesifik audit memerlukan bukti audit yang berbeda. Asersi laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen merupakan titik awal yang penting dalam mengembangkan tujuan spesifik audit.
c. Hal-hal yang diperlukan dalam buti audit
Bukti Audit
Bukti audit adalah semua informasi yang digunakan oleh auditor untuk menyatakan opini audit. Tujuan audit laporan keuangan adalah untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan klien.
Auditor harus menghimpun evidential matter (hal-hal yang bersifat membuktikan) dan tidak sekedar evident atau bukti konkrit sebagai dasar untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan klien.
Hal penting yang berkaitan dengan audit yaitu:
1. Kecukupan bukti audit
2. Kompetensi bukti audit
3. Dasar yang memadai atau rasional
4. Sifat bukti
5. Prosedur yang dapat dilakukan untuk menghimpun bukti
d. Faktor-faktor yang diperlukan dalam memperoleh kecukupan bukti
Faktor yang mempengaruhi kecukupan bukti audit meliputi
• Materialitas
Ditujukan untuk derajat signifikan dari kelas transaksi, saldo akun, dan pengungkapan bagi pengguna laporan keuangan. Ada hubungan terbalik antara tingkat materialitas dan kuantitas bukti audit yang diperlukan.
Semakin rendah tingkat materialitas semakin banyak kuantitas bukti yang diperlukan. Sebaliknya jika tingkat materialitas tinggi maka kuantitas bukti yang diperlukan sedikit. Tingkat materialitas yang ditentukan rendah berarti tolerable misstatement rendah.
• Risiko audit
Ada hubungan terbalik antara risiko audit dengan jumlah bukti yang diperlukan untuk mendukung pendapat auditor atas laporan keuangan. Rendahnya risiko audit berarti juga tingginya tingkat kepastian yang diyakini auditor mengenai ketepatan pendapatnya. Tingginya tingkat kepastian tersebut menuntut auditor untuk menghimpun bukti yang lebih banyak. Semakin rendah tingkat risiko audit yang dapat diterima auditor, semakin banyak kuantitas bukti yang diperlukan.
Hubungan terbalik juga ada antara risiko deteksi dengan jumlah bukti yang diperlukan. Semakin rendah tingkat risiko deteksi yang dapat diterima auditor, semakin banyak bukti yang diperlukan. Sebaliknya ada hubungan searah antara risiko bawaan dan risiko pengendalian dengan kuantitas bukti yang diperlukan.Semakin tinggi tingkat risiko bawaan semakin banyak bukti yang diperlukan. Semakin tinggi tingkat risiko pengendalian semakin banyak bukti yang diperlukan.
• Faktor-faktor ekonomi
Auditor harus memperhitungkan apakah setiap tambahan biaya dan waktu untuk menghimpun bukti seimbang dengan keuntungan atau manfaat yang diperoleh melalui kuantitas dan kualitas bukti yang dihimpun.
• Ukuran dan karakteristik populasi
Pengumpulan bukti audit dan pemeriksaan terhadap bukti audit dilakukan atas dasar sampling.
Ada hubungan searah antara besar populasi dengan besar sampling yang harus diambil dari populasi tersebut. Semakin besar populasinya semakin besar jumlah sampel bukti audit yang harus diambil dari populasinya. Sebaliknya semakin kecil populasi semakin kecil jumlah sampel bukti audit yang diambil dari populasi.
Karakteristik populasi berkaitan dengan homogenitas atau variabilitas item individual yang menjadi anggota populasi.
• Kompetensi bukti
Berupa catatan akuntansi yang berkaitan erat dengan efektivitas pengendalian internal klien. Kompetensi bukti audit yang berupa informasi penguat tergantung pada beberapa faktor yaitu :
# Relevansi
Berarti bahwa bukti harus berkaitan dengan asersi manajemen dalam laporan keuangan. Bukti yang relevan adalah bukti yang tepat digunakan untuk suatu maksud tertentu.
# Sumber bukti
Sumber informasi sangat berpengaruh terhadap kompetensi bukti audit. Bukti yang diperoleh auditor secara langsung dari pihak diluar perusahaan yang independen merupakan bukti yang paling dapat dipercaya. Bukti semacam ini memberikan tingkat keyakinan keandalan yang lebih besar daripada yang dihasilkan dan diperoleh dari dalam perusahaan.
# Ketepatan waktu
Sangat penting terutama dalam verifikasi aktiva lancar, utang lancar dan rekening laporan rugi laba terkait karena hasilnya digunakan untuk mengetahui apakah cut off atau pisah batas telah dilakukan secara tepat.
# Obyektivitas
Bukti yang obyektif lebih dapat dipercaya dan kompeten daripada bukti subyektif.
• Dasar yang memadai (realistis)
Judgement atau pertimbangan yang dilakukan auditor dipengaruhi berbagai faktor yaitu :
• Pertimbangan profesional auditor
Pertimbangan profesional memberi kontribusi pada penerapan secara wajar jumlah dan kualitas bukti yang disyaratkan.
• Integritas manajemen
Manajemen bertanggung jawab atas asersi laporan keuangan dan mengendalikan banyak bukti penguat dan data akuntansi yang mendukung laporan keuangan. Semakin rendah tingkat kepercayaan auditor terhadap integritas manajemen semakin banyak bukti kompeten yang diperlukan.
• Transaksi yang terjadi diperusahaan
Banyaknya transaksi antar perusahaan dalam satu holding company menuntut semakin banyaknya bukti audit kompeten yang harus dihimpun.
• Jenis kepemilikan perusahaan
Audit terhadap perusahaan publik lebih memerlukan tingkat keyakinan yang lebih tinggi daripada perusahaan perseorangan. Alasannya adalah banyaknya pemakai laporan audit dari perusahaan publik yang mengandalkan laporan keuangan auditan dalam membuat keputusan investasi.
• Kondisi keuangan perusahaan
Kondisi perusahaan klien yang terancam bangkrut cenderung meningkatkan evaluasi subyektif dan kehati-hatian auditor.
e. Sifat Bukti
Sifat bukti
Bukti audit terdiri atas :
• Catatan akuntansi yang mendasari laporan keuangan
• Informasi lain yang mendukung catatan akuntansi dan kesimpulan logis auditor tentang penyajian yang wajar dalam laporan keuangan.
Akan tetapi catatan akuntansi tidak menyediakan bukti yang cukup dalam memberikan opini audit laporan keuangan sehingga dibutuhkan informasi lain seperti :
• Notulen rapat
• Konfirmasi dari pihak ketiga
• Laporan analis
• Data yang dapat dibandingkan dengan kompetitor
• Pengendalian intern manual
• Info yang diperoleh melalui prosedur audit
• Informasi yang dikembangkan oleh auditor
Bukti audit yang mendukung laporan keuangan terdiri atas dua jenis yaitu :
• Data akuntansi yang mendasari (underlying accounting data)
• Semua informasi atau bukti pendukung atau penguat (corroborating information) yang tersedia bagi auditor.
Bukti audit yang bersumber dari data akuntansi terdiri atas :
• Jurnal
• Buku besar dan buku pembantu
• Buku pedoman akuntansi
• Memorandum dan catatan informal
Bukti audit pendukung adalah bukti yang mendukung atas laporan keuangan, bukti audit pendukung meliputi :
• Bukti fisik
• Bukti konfirmasi
• Bukti dokumenter
• Bukti representasi atau pernyataan tertulis baik dari manajemen maupun dari spesialis
• Perhitungan sebagai bukti matematis
• Bukti lisan
• Bukti analitis dan perbandingan
• Struktur pengendalian intern
f. Prosedur untuk Menghimpun Bukti
Prosedur untuk menghimpun bukti
Ada empat tindakan yang dapat diambil dalam menghimpun bukti audit yaitu :
• Inspeksi
• Pengamatan
• Pengajuan pertanyaan
• Konfirmasi
Beberapa hal yang harus diketahui berkaitan dengan keputusan yang diambil auditor dalam proses pengumpulan bukti yaitu :
• Penentuan prosedur audit
• Penentuan besarnya sampel
• Penentuan elemen tertentu yang harus dipilih sebagai sampel
• Penentuan waktu pelaksanaan prosedur audit
g. Jenis Bukti Audit
Jenis bukti audit
Bukti dapat dikelompokkan ke dalam 9 jenis yaitu :
** Struktur pengendalian intern
Digunakan untuk mengecek ketelitian dan dapat dipercayainya data akuntansi.
** Bukti fisik
Dipakai dalam verifikasi saldo aktiva berwujud terutama kas dan persediaan.
** Catatan akuntansi
Merupakan sumber data untuk membuat laporan keuangan.
** Konfirmasi
Merupakan proses pemerolehan dan penilaian suatu komunikasi langsung dari pihak ketiga sebagai jawaban atas permintaan informasi tentang unsur tertentu yang berdampak terhadap asersi laporan keuangan.
Ada 3 jenis konfirmasi yaitu :
Ø Konfirmasi positif
Ø Blank confirmation
Ø Konfirmasi negatif
Konfirmasi yang dilakukan auditor pada umumnya dilakukan pada pemeriksaan :
Ø Kas di bank dikonfirmasikan ke bank klien
Ø Piutang usaha dikonfirmasikan ke pelanggan
Ø Persediaan yang disimpan digudang umum dikonfirmasikan ke penjaga atau kepala gudang.
Ø Hutang lease dikonfirmasikan ke lessor
Konfirmasi positif merupakan konfirmasi yang respondennya diminta untuk menyatakan persetujuan atau penolakkan terhadap informasi yang ditanyakan.
Blank confirmation merupakan konfirmasi yang respondennya diminta untuk mengisikan saldo atau informasi lain sebagai jawaban atas suatu hal yang ditanyakan.
Konfirmasi negatif merupakan konfirmasi yang respondennya diminta untuk memberikan jawaban hanya jika ia menyatakan ketidaksetujuannya terhadap informasi yang ditanyakan.
** Bukti dokumenter
Merupakan bukti yang paling penting dalam audit, bukti dokumenter dapat dikelompokkan sebagai berikut :
Ø Bukti dokumenter yang dibuat pihak luar dan dikirim kepada auditor secara langsung.
Ø Bukti dokumenter yang dibuat pihak luar dan dikirim kepada auditor melalui klien.
Ø Bukti dokumenter yang dibuat dan disimpan oleh klien.
** Bukti surat pernyataan tertulis
Merupakan pernyataan yang ditandatangani seorang individu yang bertanggung jawab dan berpengetahuan mengenai rekening, kondisi, atau kejadian tertentu
** Perhitungan kembali sebagai bukti matematis
Diperoleh melalui penghitungan kembali oleh auditor. Bukti matematis menghasilkan bukti yang handal untuk asersi penilaian atau pengalokasian dengan biaya murah.
** Bukti lisan
Bukti lisan harus dicatat dalam kertas kerja audit.
** Bukti analitis dan perbandingan
Mencakup penggunaan rasio dan perbandingan data klien dengan anggaran atau standar prestasi, trend industri dan kondisi ekonomi umum.
h. Prosedur audit
Tujuan prosedur audit :
• Mendapatkan pemahaman entitas dan lingkungannya termasuk pengendalian internal untuk menilai resiko salah saji material pada level laporan keuangan dan asersi.
• Untuk menguji keefektifan operasi dari pengendalian dalam mencegah dan mendeteksi salah saji material pada level asersi.
• Untuk mendukung asersi atau mendeteksi salah saji yang material pada level asersi.
Prosedur-prosedur yang digunakan auditor untuk mengumpulkan bukti audit yaitu :
• Inspeksi terhadap dokumen dan catatan
Dua istilah penting dalam kegiatan inspeksi terhadap dokumen dan catatan adalah pengusutan (tracing) dan penelusuran (vouching).
Dalam melakukan pengusutan, auditor harus :
Ø Memilih dokumen sumber suatu transaksi yang diperiksa.
Ø Menentukan bahwa informasi dari dokumaen tersebut telah dicatat dengan benar dalam catatan akuntansi.
Sedangkan dalam penelusuran, auditor harus :
Ø Memilih ayat jurnal dalam catatan akuntansi.
Ø Mendapatkan serta menginspeksi dokumen yang menjadi dasar ayat jurnal dalam tujuannya untuk menentukan validasi dan keakuratan dari transaksi tercatat.
• Inspeksi terhadap aktiva berwujud
Meliputi pemeriksaan fisik aset, namun tidak menjamin validitas dari asersi hak entitas serta asersi penilaian atas aset fisik tersebut.
• Observasi
Meliputi kegiatan mengamati pelaksanaan sejumlah proses atau prosedur yang dilakukan oleh karyawan klien. Subyek dari kegiatan observasi adalah orang, prosedur atau proses. Sedangkan kegiatan inspeksi aktiva berwujud subyek pengamatannya adalah obyek itu sendiri.
• Pengajuan pertanyaan
Dilakukan secara lisan maupun tertulis kepada pihak-pihak internal perusahaan untuk mendapatkan informasi keuangan maupun non keuangan.
• Konfirmasi
Merupakan jenis spesifik dari pengajuan pertanyaan yang memungkinkan auditor untuk mendapatkaninformasi langsung dari sumber independendiluar organisasi klien.
• Rekalkulasi
Meliputi kegiatan perhitungan keakuratan matematis dari dokumen atau catatan.
• Melakukan ulang (reperformance)
Yaitu eksekusi auditor independen atas prosedur atau pengendalian yang telah dilakukan oleh klien sebagai bagian dari sistem pengendalian internal perusahaan.
• Prosedur analitis
Meliputi kegiatan mempelajari dan membandingkan data-data keuangan maupun non keuangan yang saling berhubungan.
• Teknik audit berbasis komputer
Digunakan untuk melakukan kegiatan :
Ø Perhitungan dan perbandingan yang digunakan dalam prosedur analitis.
Ø Memilih sampel piutang usaha untuk konfirmasi
Ø Melakukan scan file untuk menentukan bahwa semua dokumen berseri telah ditotal saldo.
Ø Membandingkan elemen-elemen data pada dokumen yang berbeda untuk mengecek kesesuaiannya.
Ø Melakukan ulang berbagai aktivitas perhitungan.
Klasifikasi prosedur auditing
Klasifikasi prosedur auditing dibagi atas 3 kategori yaitu :
!) Prosedur untuk memperoleh pemahaman struktur pengendalian internal
Merupakan pengetahuan mengenai lingkungan pengendalian, sistem akuntansi dan prosedur pengendalian yang dipandang perlu oleh auditor untuk merencanakan audit.
!!) Pengujian pengendalian
Merupakan pengujian yang ditujukan terhadap rancangan dan pelaksanaan suatu kebijakan atau prosedur struktur pengendalian intern untuk menetapkan keefektivitasannya untuk mencegah dan menemukan salah saji material dalam suatu asersi laporan keuangan.
!!!) Pengujian substantif
Merupakan pengujian rinci dan prosedur analitis yang dilakukan untuk menemukan salah saji material dalam saldo rekening, golongan transaksi dan unsur pengungkapan laporan keuangan.
i. Evaluasi Bukti
Evaluasi bukti audit
Diperlukan untuk menyiapkan laporan audit yang tepat, evaluasi ini dilakukan selama dan pada akhir audit atau pada akhir pekerjaan lapangan. Pengevaluasian selama audit bersamaan dengan dilakukannya verifikasi atas asersi laporan keuangan. Pengevaluasian pada akhir pekerjaan lapangan dilakukan saat auditor akan memutuskan pendapat yang akan dinyatakan dalam laporan audit.
Evaluasi bukti ini harus lebih teliti lagi bila menghadapi situasi audit yang mengandung risiko besar, situasi tersebut adalah :
• Pengawasan intern yang lemah
Dalam situasi ini auditor harus menemukan bukti-bukti lain yang dapat menggantikan bukti yang dihasilkan oleh system akuntansi dengan pengawasan yang lemah.
• Kondisi keuangan klien yang tidak sehat
Pada kondisi ini manajemen cenderung menunda penghapusan piutang yang sulit ditagih atau menunda penghapusan persediaan barang yang sudah tidak bernilai.
• Manajemen yang tidak dapat dipercaya
Auditor perlu mempertimbagkan kembali penugasan yang diberikan padanya apabila manajemen tidak dipercaya. Alasannya karena laporan keuangan merupakan pernyataan manajemen dan dihasilkan juga oleh manajemen.
• Penggantian kantor akuntan public
Auditor menghadapi resiko besar apabila ternyata penggantian kantor tsb diakibatkan perselisihan yang tak terselesaikan mengenai laporan keuangan antara auditor terdahulu dengan klien.
• Perubahan peraturan pajak
Cenderung mendorong manajemen untuk mengubah prinsip akuntansi yang dipakainya dengan tujuan untuk memperkecil pajak penghasilan yang harus dibayar perusahaan. Selain itu dapat menggeser pengakuan pendapatan ke periode dengan tarif pajak yang lebih rendah.
• Usaha yang bersifat spekulatif
Merupakan masalah yang lebih besar dalam audit atas usaha klien yang bersifat spekulatif karena berkaitan dengan masalah ketidakpastian dan kemampuan klien untuk melanjutkan usahanya juga meragukan.
• Transaksi yang kompleks.
Transaksi yang kompleks mengandung resiko kesalahan yang sangat besar sehingga resiko yang dihadapi auditor juga besar.
   Menurut saya etika audit adalah proses mengevaluasi semua kegiatan ekonomi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan
Refferensi: