Thursday, May 1, 2014

Tips Menyiasati Burung Yang Tidak Mau Mandi Di Keramba

      Mandi di dalam keramba merupakan salah satu hal yang wajib untuk beberapa jenis burung berkicau, misalnya saja seperti murai, kacer, cucak hijau dll. Hal ini dimaksudkan agar kesehatan dan kebugaran burung berkicau kesayangan anda tetap terjaga. Akan tetapi sering kita jumpai juga burung-burung berkicau yang kita pelihara tidak mau mandi ketika sudah masuk kedalam keramba, atau bahkan sama sekali tidak mau masuk keramba. Sehingga mau tidak mau kita harus memandikannya dengan di semprot atau burung akan mandi di tempat minum dengan sendirinya. Kemungkinan terbesar yang dapat menyabakan hal ini biasanya burung tidak terbiasa mandi di keramba atau takut dengan warna dasar dari keramba yang gelap karena cat atau lumut. Maka dari itu kami berikan beberapa tips untuk melatih burung agar mau mandi dikermba. Berikut bebera tips tersebut:

1. Berilah Tempat Minum Yang Berukuran Kecil.
Hal ini dimaksudkan agar burung tidak terbiasa mandi di tempat minum, sehingga saat dilatih mandi di dalam keramba akan leboh mudah. Namun kita juga harus rajin-rajin memeriksa persediaan air minumnya.

2. Bersihkanlah Keramba Dan Beri Warna Dasar Yang Cerah
Hal ini bertujuan agar dasar dari kerambah terlihat oleh burung, sehingga burung tidak akan takut untuk mandi didalamnya.

3. Berilah Bebatuan Alam Yang Berwarna Cerah
Tujuannya kurang lebih sama dengan point kedua akan tetapi dengan meletakkan bebatuan alam didalam keramba akan lebih memberikan kesan natural bagi burung.

4. Kurang Volume Air Dalam Keramba
Sebagian besar burung yang tidak mau mandi didalam keramba karena takut tenggelam karena air didalam kermaba terlalu banyak. Tips dari kami , untuk permulaan isilah air sedikit diatas telapak kaki burung, jika dengan air sedikit burug sudah mau mandi maka tambahlah air dalam keramba secara bertahap.

5. Kusus untuk burung yang sama sekali tidak mau masuk kedalam kermaba bisa dipancing dengan jangkrik atau serangga lainnya.
Sekian tips dari kami semoga bermanfaat bagi kicau mania semua, terimakasih

No comments:

Post a Comment