Monday, April 29, 2013

Kontroversi Ujian Nasional

        Untuk kesekian kalinya ujian nasional kembali menjadi sebuah topik yang menarik untukdikaji oleh berbagai kalangan masyarakat.Meskipunn ujian nasional menjadi agenda rutin tahunan namun tetap saja masih terjadi berbagai kontroversi didalamnya.Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi karena begitu pentingnya peran ujian nasional bagi para siswa.Akan tetapi karena begitu pentingnya peran ujian nasional kadang menjadi bumerang untuk para peserta didik.Sering kali siswa mengalami kecemasan dan tiak percaya diri untuk mengerjakan soal-soal dalam ujian nasional.
          Dan yang lebih memprihatinkan lagi anyak dijumpai kasus dimana justru siswa-siswa yang berprestasi disekolah mereka masing-masing tidak lulus ujian nasional.Ujian nasional merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan nasional/Kemendiknas sebagai suatu sarana evaluasi standart pendidikan nasional.
        Ujian nasional dilaksanakan rutin setiap tahunnya pada tingka SD,SMP dan SMK sederajat untuk menilai kompeensi lulusan dengan ukuran standart nasional pada mata pelajaran yang telah ditentukan.Kemudian hasil dari ujian nasional akan dpergunakan dalam berbagai hal:
  1. Sarana pemetaan mutu program dan satuan pendidikan
  2. Bahan evaluasi mutu pendidikan secara nasional.
  3. Penentu kelulusan peserta didik dan acuan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 
        Dari pernyataan diatas maka tidak aneh jika pro dan kontra sering kali timbul disaat ujian nasional tiba.Dan dari sekian banyak pro dan kontra ada beberapa hal yang memang harus dipikirkan oleh pihak Kemendiknas.Sedangkan dari pihak pengamat pendidikan sendiri banyak yang menyayangkan adanya ujian nasional yang ruin dilaksankan karena dijadikannya ujian nasional sebagi tolak ukurkelulusan setelah menempuh pendidikan selam bertahun-tahun.Namun bagi pihak yang kontra dengan diadakannya ujian nasional mengatakan bahwa ujian nasional penting untuk terus diadakan karena merupakan tolak ukur murni untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dapat menyerap ilmu pengetahuan yang telah diberikan selama beberapa tahun.

Analisis masalah:
       Adanya pelaksanaan ujian nasional masih perlu dikaji lebih lanjut lagi,karena masih terlalu banyak masalah yang timbul meskipun sudah rutin pelaksanaannya.Namun terlepas dari berbagai polemik yang ada seenarnya tidak ada yang salah dari tujuan diadakannya ujan nasional.Asalkan cara pelaksanaan dan juga tingkat kegunaan hasil dari ujian nasional dipikirkan lebih matang lagi.Sehingga tujuan dari ujian nasional itu sendiri tercapai dan juga siswa peserta didik tidak perlu menjadikan ujian nasional sebagai momok yang menakutkan lagi.Dan juga tidak mengurangi peran guru sebagai sosok  pendidik,juga demi tercapainya tujuan pendidikan yang sebenarnya.

Refferensi: http://www.anneahira.com/ujian-nasional-22181.htm

No comments:

Post a Comment