Monday, April 29, 2013

Pro Dan Kontra Teknologi Garis Gawang Dalam Sepak Bola

      Memang dunia sepak bola selalu di penuhi dengan pro dan kontra, juga tentang adanya ide mengenai penggunaan teknologi garis gawang. Michael Platini sebagai Presiden UEFA adalah satu dari banyak kalangan yang mengkritik keras dengan di gunkannya teknologi garis gawang itu. Platini berpendapat jika teknologi akan merusak indahnya sepak bola.Platini khawatir dengan adanya handsball , penentuan offside dan keputusan untuk penalty harus di ambil dengan memakai teknologi. Mantan pemain dari tim nasional Prancis itu lebih suka dengan menggunakan system tambahan memakai 5 wasit di 1 laga di Eropa.Selain dapat merusak keindahan permainan sepak bola, ada nya penetapan peraturan dan penggunaan teknologi garis gawang di nilai menelan harga yang cukup besar. Dibutuhkan kira – kira sebesar 250 ribu US Dollar atau setara dengan Rp. 2,3 Milyar untuk di pasang pada setiap stadion. Penggunaan teknologi garis gawang juga tak dapat berjalan dengan baik jika ada pandangan bola yang terhalangan pemain atau pun kiper di lapangan.

            Jika Platini memang menolok tentang penggunaan teknologi garis gawang itu, lain dengan pendapat pelatih klub Chelsea yakno Roberto Di Matteo yang memiliki harapan besar agar teknologi penggunaan garis gawang dapat segera di lakukan. “ kita lihat di tiap musim nya, di tiap laga besar kita akan membutuhkannya. Karena memang ada beberapa ajang krusial yang kita harus mecari solusinya dengan teknologi, tegas pelatih yang sukses mengantarkan Chelsea menjadi juara Liga Champion ini.Asosiasi Sepak bola  Dunia juga memastikan bahwa penggunaan dari teknologi garis gawang ini Cuma sebagai wasit pembantu dalam mengambil keputusan bagi wasit utama bukan sebagai faktor yang utama. Itu berarti, wasit tetap saja dapat ambil keputusan dengan tak melegalkan gol berdasar apa yang dilihatnya walau teknologi memang mengindikasikan bahwa bola telah lewat garis gawang.Di samping itu, Asosiasi Sepak Bola Dunia juga beri kebebasan pada UEFA untuk tetap memakai system 5 wasit dan memberikan kebebasan pada asosiasi sepak bola lain yang juga menggunakannya.

Analisis:
Sepakbola merupkan olah rag terpppuler didunia saat ini,selain aspek sportifitas menjadi yang terpenting didalamnya namun jangan lupakan aspek keindahan sepak bola dengan berbagai drama yang terjadi disetiap pertandingannya.menurut saya teknologi garis gawang masih belum saatnya diterapakan dalam dunia sepak bola saat ini,Karena sepakbola akan terlihat lebih indah dengan intrik-intrik kontroversi didalamnya.

Refferensi:

No comments:

Post a Comment