Thursday, May 2, 2013

Topik Yang Menarik Dan Mudah Dipahami Pembaca Dalam Sebuah Karya Tulis

        Dalam sebuah pembuatan karya ilmiah ada banyak aspek yang pokok yang akan mempengaruhi hasil keseluruhan dari bagus atau tidaknya sebuah karya tulis.Diantara berbagai aspek tersebut ada 2hal yang menurut saya paling penting untuk benar-benar diperhatikan dalam pemilihan dan penyusunannya,yaitu adalah topik yang diahas haruslah menarik dan yang kedua mudah dipahami oleh pembaca.Sehingga karya tulis yang dibuat dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca.

1. Topik
      Topik adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik adalah sebuah kalimat yang merupakan ide utama dalam sebuah paragraf, cerita atau sebuah tulisan lainnya. Saat kita memulai untuk membuat karya tulisan, kita harus mempunyai topik yang akan kita kembangkan. Dengan kata lain, topik ini adalah yang akan membatasi sampai mana pembahasan kita dalam sebuah karya tulisan, baik itu tulisan yang bersifat seni maupun yang bersifat resmi.Untuk dapat menentukan topik yang baik bagi karya ilmiah yang akan dibuat,ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pertimbangan memilih topik sebuah karya tulis:
  1. Topik yang dibahas harus menarik bagi penulis itu sendiri dan pembaca nantinya.
  2. Topik yang dibahas harus benar-benar diketahui penulis.
  3. Jangan terlalu kontoversial dan teknis
  4. Bermanfaat bagi pembaca dan penulis.
  5. Dan jangan membahas topik yang batasan masalahnya terlalu luas.
      Topik yan menarik disini dapat diartikan bahwa inti pembahasan dari sebuah karya tulis haruslah hal-hal yang baru terjadi,jarang dibahas,unik dan ada manfaatnya bagi penulis dan pembaca.

2.Mudah dipahami oleh pembaca
        Dalam aspek ini yan perlu diperhatiakan adalah lebih kepada teknis penulisan dan bagaimana  cara merangkai kata mejadi kalimat,kalimat menjadi sebuah paragraf dan paragraf menjadi sebuah karya tulis.Agar karya tulis mudah dipahami oleh pembaca rangkaian kalimat yang ada harus kesinambungan.begitu juga dalam sebuah paragraf.Untuk memudahkan pemaca hendaknya karya tulis tidak harus panjang,buatlah karya tulis yang sederhana namun intinya jelas.Dan yang terkahir sebisa mungkin untuk tidak menggunakan bahasa yang sulit untuk dimengerti.

                 http://story4l0ve.blogspot.com/2013/04/topik-yang-menarik-dan-mudah-dipahami.html

No comments:

Post a Comment