Wednesday, April 2, 2014

Pengertian Etika


Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy). Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia lama (Poerwadarminta sejak 1953 - mengutip dari Bertenz,2000),etika mempunyai arti sebagai: "ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)". Sedangkan kata etika dalam Kamus Bahasa Indonesia baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988 - mengutip dari Bertenz,2000), mempunyai arti:
  1. Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
  2. Kumpulan asas atau moral yang berkenaan dengan akhlak.
  3. Nialai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. 
Dari beberapa pengertian etika diatas maka menurut saya etika merupakan sebuah ilmu pengetahuan mengenai apa yang baik dan buruk dan apa yang menjadi hak atau kewajiban diamana pengetahuan tentang etika akan berpengaruh terhadap perilaku dan akhlak manusia dalam menjalani kehidupan.

Refferensi:
  1.  http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
  2.  http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ipem4430/etika21.htm
  3. http://www.anneahira.com/pengertian-etika.htm

          

No comments:

Post a Comment