Wednesday, April 2, 2014

Permainan Tradisional Penting Untuk Kesehatan Mental Anak



Hasil penelitian seorang psikolog independen dari Inggris, Dr Linda Papadopoulos, menyimpulkan, permainan tradisional anak, seperti "petak umpet", "engklek" (lompat di atas kotak yang digambar di aspal), dan lainnya penting untuk anak. Permainan-permainan tradisional semacam ini, menurut sang psikolog, penting untuk perkembangan kesehatan fisik dan mental, demikian dilaporkan oleh situs Daily Mail. Menurut Papadopoulos, saat ini banyak anak-anak --bahkan di usia balita-- punya kekhawatiran terhadap bentuk tubuh. Ketakutan memiliki bentuk tubuh yang tidak sesuai harapan orang-orang di sekelilingnya kerap menjadi kekhawatiran anak-anak.
Untuk mengurangi ketidakpercayaan diri semacam itu, Papadopoulos menyarankan orangtua untuk mendorong anaknya bermain permainan tradisional luar ruang, seperti "tak jongkok", "engklek", "petak umpet", "galasin", dan sebagainya. Permainan seru dan menyenangkan yang melibatkan fisik dan ketangkasan dipercaya Papadopoulos bisa meningkatkan kepercayaan diri anak terhadap bentuk tubuhnya. Dalam laporannya yang berjudul "Physical Activity and Body Image", Papadopoulos menuliskan, bermain di luar ruang sama pentingnya dengan berolahraga bagi anak-anak. Permainan fisik di luar ruang merupakan bentuk upaya mendorong anak melakukan aktivitas fisik.
Permainan fisik luar ruang seperti yang ditawarkan permainan tradisional memberikan banyak manfaat bagi anak, dari latihan otot dan motorik, juga mendorong penghargaan terhadap diri sendiri serta ketahanan mental. Kepercayaan diri terhadap bentuk tubuh dan ketahanan mental penting untuk pembentukan imej diri anak agar mentalnya tak mudah goyah akibat perkataan negatif dari orang lain maupun kampanye iklan yang mempertontonkan bentuk tubuh model yang diklaim ideal. Menurut Papadopoulos, saat ini di negara tempatnya melakukan penelitian, ada banyak anak-anak, bahkan dari usia tujuh tahun, yang mencoba menurunkan berat badannya agar bisa mengikuti standar orang lain.
Di sinilah pentingnya mengenalkan anak dengan permainan tradisional luar ruang tadi. Anak-anak yang aktif dan bersenang-senang saat beraktivitas fisik cenderung memandang hidup dari sisi yang positif. Keunikan dari permainan tradisional, peruntukannya tidak hanya bagi anak yang senang olahraga beregu, tapi juga bisa dilakukan oleh anak-anak pemalu tanpa harus terlibat dalam kelompok/pertandingan olahraga yang membuat mereka inferior. Tak banyak anak-anak tetangga di sekitar rumah untuk diajak bermain? Saatnya orangtua atau keluarga lainnya menciptakan aktivitas menarik, seperti membangun rumah pohon, mencari jejak, mencari harta karun, atau bermain "petak jongkok". Kuncinya adalah bergerak sambil bersenang-senang, demi kesehatan perkembangan fisik dan emosional anak.
Permainan tradisional merupakan sebuah sarana bemain yang memiliki banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan permainan game yg ada saat ini. Selain itu dari segi harga permainan tradisional bisa dibilang sangat ekonomis. Bahkan ada beberapa permainan yang tidak harus mengeluarkan uang untuk dapat memainkannya. Dan menurut saya aspek yang paling penting dalam permainan tradisional adalah dalam hal ebersamaannya.

Refferensi:
  1. http://www.beritasatu.com/anak/124550-permainan-tradisional-penting-untuk-kesehatan-mental-anak.html


No comments:

Post a Comment