Wednesday, April 2, 2014

Pentingnya Mengikuti Organisasi


        Organisasi (Yunani: organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat beberapa jenis bentuk organisasi seperti organisasi pemuda, organisasi sosial, organisasi politik, organisasi kampus, organisasi sekolah, organisasi olahraga dan organisasi lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat organisasi:



  • Manfaat pertama dalam mengikuti kegitan organisasi adalah kita bisa mendapatkan banyak ilmu. Maksudnya adalah kita bisa belajar apa saja dengan bertemu orang yang memiliki potensi berbeda. Bertukar informasi dan ilmu di dalam satu lingkungan organisasi. 
  • Manfaat berikutnya yang bisa kita dapatkan adalah memiliki banyak teman. Dengan mengikuti organisasi otomatis kita akan mendapatkan teman karena sering melaukan interaksi bersama di dalam organisasi tersebut. Hal ini juga bisa memperluas jaringan networking, bertemu dengan senior dan junior ataupun dengan orang lain di sekolah yang berbeda. Jangan meremehkan hal tersebut karena mereka bisa memberikan informasi yang sangat berguna seperti lowongan pekerjaan dan informasi penting lainnya.
  • Manfaat ketiga adalah organisasi bisa menjadi suatu gambaran kecil dalam kehidupan. Organisasi merupakan ruang lingkup kecil dalam kehidupan dan di sini kita mengenal adanya struktur organisasi dimana terdapat ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota yang merupakan satu kesatuan keluarga untuk mencapai tujuan bersama.
  • Belajar mengatur waktu dan disiplin. Ketika mengikuti organisasi, waktu belajar yang biasa kita gunakan otomatis akan terpakai. Di sini kita akan belajar mengatur dan memanfaatkan waktu supaya kualitas dan kuantitas kegiatan keduanya bisa berjalan dengan lancar.
  • Melatih leadership, belajar mengeluarkan pendapat, problem solving dan manajemen konflik. Ketika mengikuti kegiatan organisasi, kita pasti akan mengurus suatu acara yang melibatkan banyak orang. Di sini kita belajar untuk memiliki karakter dan sikap yang aktif dalam membuat konsep, membuat strategi dan solusi. Di dalam berorganisasi pasti akan ada beda pendapat dan kita harus bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menghargai pendapat orang lain dan bisa menghasilkan solusi demi kepentingan bersama.
  • Manfaat berikutnya adalah kegiatan organisasi berperan sebagai kehidupan sosial dan pendewasaan diri. Orang yang mengikuti kegiatan berorganisasi biasanya lebih aktif dibandingkan orang yang tidak mengikuti organisasi. Di dalam organisasi kita akan menemukan berbagai macam tipe orang, dengan seringnya berinteraksi kita bisa mengetahui karakteristik orang lain. Di dalam organisasi juga kita harus belajar untuk bertanggung jawab dalam setiap rencana dengan berbagai resiko, memilih mana yang baik dan tidak dan lebih berani dalam mengambil keputusan. Hal tersebut bisa meningkatkan kita menjadi manusia yang lebih dewasa.
         Organisasi merupakan sebuah pekumpulan yang dapat mencakup berbagai bidang. Dimana kita dapat mendapat berbagai manfaat jika kita mengikutinya tentu saja organisasi tersebut haruslah organisasi yang positif. Sehingga manfaat yang kita dapat juga positif.

Refferensi:
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
  2. http://anggy-yanuar.blogspot.com/2013/09/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html
  3. http://myindischool.com/indischool/frontend/viewdetailadmin/61



No comments:

Post a Comment