Friday, February 15, 2013

Proses Pembuatan Pupuk Arang Sekam

Sekam padi dapat dijadikan Arang untuk campuran pupuk bokashi ataupun sebagai bahan bakar setelah diolah menjadi Briket Arang Sekam Padi.

Menurut Ir. Dorlan Sipahutar, MP Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis, terdiri dari belahan lemma dan palea yang saling bertautan, umumnya ditemukan di areal penggilingan padi. Dari proses penggilingan padi, biasanya diperoleh sekam 20 – 30%, dedak 8 – 12 %, dan beras giling 50 – 63,5% dari bobot awal gabah.

Sekam padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau limbah penggilingan padi, keberadaannya cendrung meningkat yang mengalami proses penghancuran secara alami dan lambat, sehingga dapat mengganggu lingkungan juga kesehatan manusia.

Sekam memiliki kerapatan jenis bulk density 125 kg/m3, dengan nilai kalori 1 kg sekam padi sebesar 3300 k.kalori dan ditinjau dari komposisi kimiawi, sekam mengandung karbon (zat arang) 1,33%, hydrogen 1,54%, oksigen 33,645, dan Silika (SiO2) 16,98%, artinya sekam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kimia dan sebagai sumber energi panas untuk keperluan manusia.

Kadar selulosa sekam yang cukup tinggi dapat memberikan pembakaran yang merata dan stabil, untuk memudahkan diversifikasi penggunaannya, maka sekam terlebih dahulu melalui proses pembuatan arang sekam kemudian dipadatkan, dibentuk dan dikeringkan, disebut dengan Briket Sekam Padi.

Cara Pembuatan Arang Padi


Bahan yang dibutuhkan:

1.  Sekam padi

Sekam padi yang kering, sebagai bahan dasar

2.  Cerobong

Cerobong untuk pembakaran sekam, kapasitas 15 kg/jam:

3.  Kayu bakar

Kayu bakar, sebagai bahan bakar pada proses pengarangan sekam

Cara Membuat:

1. Buat bara api, kemudian bara api ditutup dengan cerobong, seperti

pada Gambar dibawah ini
bara api ditutup dengan cerobong

2. Cerobong ditutupi dengan sekam kering, akibat dari proses pemanasan pada cerobong, pembakaran terjadi tanpa menimbulkan api sehingga lambat laun sekam padi mengalami perobahan warna. Perubahan warna gelap pada sekam padi itu tanda sekam padi telah menjadi arang

Proses Pengarangan Sekam Padi



Arang Sekam Padi yang sudah jadi

Arang Sekam Padi yang sudah jadi dapat dijadikan sebagai campuran bokashi pupuk kandang dan juga dapat dijadikan Briket Sekam Padi yang terlebih dahulu diproses untuk dipadatkan lalu dibentuk dan dikeringkan.

refferensi:  http://www.bagi.me/2012/05/membuat-arang-sekam-padi.html

No comments:

Post a Comment