Sunday, February 17, 2013

Waspada Buah Mengandung Lilin

      Buah-buahan seharusnya menjadi makanan yang menyehatkan bagi tubuh kita,karena kandungan vitamin dan zat-zat gizi yang ada didalamnya.Selain itu buah-buahan merupakan sumber vitamin yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.Entah dari kalangan atas,menengah sampai kalangan atas.Sehingga buah menjadi makanan yang popular disekitar kita.Selain itu buah adalah jenis makanan yang mempunyai banyak macam dan varietas.Buah-buahan juga tidak sulit untuk didapatkan karena hampir di semua tempat jual-beli menjajakan buah-buahan.

      Mungkin hal ini yang menjadi bumerang bagi masyarakat,kurang terkontrolnya proses distribusi buah-buahan dan juga minimya tingkat kejujuran para pedagang buah-buahan akan barang dagangannya menibulakan masalah kompleks bagi konsumennya.ya, tentu kita pastis sudah dengar berita tentang kecurangan-kecurangan yang dilakukan para pedagang buah.Untuk membuat barang dagangannya terlihat lebih menarik dan juga tahan lama.Berikut adalah beberapa kecurangan yang dilakukan oleh para pedagang:
1. Menyuntikan cairan pewarna pada kedalam buah-buahan sehingga saat buah dibuka warnanya lebih menarik dan menggugah selera,namun setelah dicicipi rasanya tak semanis warnanya.
2. Mengawetkan buah-buahan dengan cara dicelup terlebih dahulu kedalam boraks dan cairan lilin.Hal ini sangat tentu sangat berbahaya bagi kesehatan kita,karena lilin dan boraka bukanlah zat yang boleh dikonsumsi oleh manusia.
3. Menambahkan cairan pewarna tekstil pada bagian luar buah agar tampilan luar buah menjadi lebih menarik.
      Hal ini tentu sangat meresahakan bagi para penikmat buah-buahan.Namun kecurangan-kecurangan ini tidak dilakukan oleh semua pedagang buah.Hanya oleh para pedagang buah yang nakal saja.Oleh karena itu kita tidak perlu takut untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan yang segar merupakan makanan bergizi yang pasti disukai semua orang.Karena aneka buah memiliki beraneka macam warna dan rasa.Untuk dapat menikmati buah yang segar dan menghindari kecurangan para pedagang buah anda dapat mengikuti tips dan trik dibawah ini sebelum mengkonsumsi dan membeli buah-buahan.
1. Belilah buah-buahan ditempat yang sudah terpercaya kebersihannya.
2. Jangan selalu berfikir bahwa semua yang impor itu selalu baik karena buah-buahan lokal juga banyak yang berkualitas,lalu apa salahmya membeli buah segar hasil tanh sendiri.
3. Cuci dan kupas kulit buah sebelum mengkonsumsinya.
4. Jika anda ingin mengertahui apakah buah tersebut menggunakan lilin untuk proses pengawetannya cobalan untu menngesekan pisau pada bagian permukaan buah seperti apel,belimbing dll
5. Jangan tergoda dengan buah-buahan dengan warna yang mencolok atau mencurigakan.


No comments:

Post a Comment