Wednesday, June 25, 2014

Google Akan Benamkan Fitur Kill Switch di Android Selanjutnya

         Smartphone adalah salah satu perangkat yang paling sering diincar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab alias maling. Selain bentuknya yang kecil, perangkat telekomunikasi ini juga memiliki nilai jual yang tinggi. Melihat hal itu, Google berinisiatif untuk membenahi sistem operasi mobile Android miliknya dengan menyematkan fitur anti pencurian "kill switch" sebagai solusi perlindungan factory reset.

 
         Dibeberapa negara maju seperti Amerika Serikat, pencurian smartphone atau tablet bukanlah perkara sepele. Untuk itulah, pemerintah di beberapa negara maju terus menekan para pemain di industri smartphone agar menyematkan fitur yang memiliki kemampuan untuk mencegah pencurian data jika terjadi pencurian smartphone. Setidaknya, ada aplikasi yang bisa pengguna pakai untuk menghapus seluruh data di smartphone yang dioperasikan secara remote.
 
         Terkait dengan hal itu, Google akan memperluas fitur yang ada di Android Device Manager (ADM) dengan dukungan keamanan yang lebih optimal. ADM sendiri diperkenalkan oleh Google akhir tahun lalu di Play Store dan di dalamnya juga disertakan berbagai fitur keamanan bagi pengguna seperti phone finder, utiliti untuk hapus data, dan tools untuk mengunci ponsel.
 
       Seperti yang CHIP Online kutip dari PC World metode keamanan yang nantinya akan dimanfaatkan oleh Google terkait dengan "kill switch" adalah perpaduan antara utiliti yang mampu menghapus data dan penguncian perangkat. Namun, Google juga sedang berpikir keras karena upaya yang mereka lakukan tidaklah mudah. Mereka berharap, fitur keamanan ini nantinya tidak akan dapat bekerja secara otomatis tanpa ada perintah dari pengguna sebenarnya.
 
             Sayangnya, Google belum mau berbicara secara terbuka mengenai kapan dan di versi Android apa dukungan keamanan ini mulai tersedia. Apakah Google akan membocorkan hal ini di ajang Google I/O 2014 yang tidak lama lagi digelar? Kita tunggu pembuktiannya pada tanggal 25 dan 26 Juni nanti.
 
Refferensi:

No comments:

Post a Comment