Friday, January 10, 2014

Aplikasi Yang Membuat Boros Baterai

Kehabisan baterai ponsel memang menyebalkan. Apalagi jika daya baterai cenderung mudah habis dan perlu di-charge berulang-ulang.Tak peduli ponsel pintar Anda apakah Android, iOS, Windows Phone, atau Blackberry, tidak ada ponsel cerdas yang ramah baterai.
Umumnya smartphone memang lemah soal daya dan tenaga ini. Lantas mengapa itu terjadi?Selain karena faktor penggunaan aplikasi ada juga penyebab lain. Sebut saja soal akses internet yang terus menerus serta penggunaan GPS. Dan inilah 9 aplikasi tersebut menurut situs Mashable:

-Carat

Carat adalah aplikasi yang dapat memberi tahu penggunanya tentang kondisi baterai dan aplikasi apa saja yang boros baterai. Kendati demikian, aplikasi Carat juga termasuk salah satu yang menyedot daya. Yakni pada fitur layanan pendeteksi lokasi.

-Facebook

Aplikasi jejaring sosial terpopuler ini juga menjadi salah satu penyedot baterai. Baterai akan termakan banyak oleh aplikasi ini ketika melakukan refresh. Pemakaian selama 15 menit aplikasi Facebook tanpa memutar video memakan data sebanyak 5MB.

-Maps

Aplikasi pemetaan terpopuler, Google Maps, juga menyedot baterai ponsel Anda dengan cepat. Pemakaian Google Maps selama 10 menit bisa memakan data hingga 6MB. Sistem GPS milik Google Maps membutuhkan daya lebih banyak.

- Kamera

Terlalu sering menggunakan kamera dalam keadaan standby, lebih lagi memotret secara berkali-kali dapat mengurangi baterai ponsel dengan cepat.

-Wheater

Aplikasi pendeteksi cuaca untuk daerah tertentu cenderung memakan banyak daya baterai. Ketika Anda berpindah tempat, atau mengganti lokasi perkiraan cuaca, aplikasi tersebut akan me-refresh dan membutuhkan daya yang lebih.

-Skype

Seperti halnya Facebook, Skype akan tetap terhubung dengan internet ketika Anda tak menutup aplikasi tersebut. Pastikan menutup Skype dengan benar agar daya baterai dan jaringan data terus termakan.

-Twitter

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, Twitter juga kerap menyedot daya baterai ketika melakukan refresh. Dan jangan terlalu senang jika aplikasi Twitter Anda bisa dibuka dengan cepat. Dengan kecepatan seperti itu baterai ponsel termakan lebih banyak dari biasanya
Sedikit tips untuk menghemat baterai, matikan akses GPS jika memang tidak digunakan. Jika di lokasi Anda mendukung WiFi maka hidupkan fitur tersebut dan matikan koneksi. Ini dilakukan agar samrtphone tidak lakukan searching dan seacrhing jaringan 3G/4G secara terus menerus.
Untuk game, hindari permainan yang menampilkan banyak iklan. Sebab untuk menarik iklan ini diperlukan koneksi internet. Ini berarti Anda harus membeli game full atau berbayar. Karena umumnya game dengan banyak iklan adalah game gratisan.

Refferensi:

No comments:

Post a Comment