Friday, January 10, 2014

Sejarah Dan Perkembangan Android


Penggunaan smartphone memang semakin berkembang pesat dengan adanya operating sistem berbasis Android. Bayangkan dalam perkembangannya saja di tahun 2013 OS Android mengalami beberapa kali pembaruan, dan rencananya pada awal tahun 2014 nanti Android akan mendapatkan suntikan pembaruan dengan adanya versi 4.4 Kitkat sebagai pengganti versi 4.2 – 4.3 Jellybean yang sudah beredar selama ini.
android-evolution1
Akan tetapi, tahukah anda tantang asal usul, sejarah, dan bagaimana Operating Sistem berbasis Open source yang bernama Android tersebut bisa sampai sejauh ini? simak ulasan lengkap tentang Android kepada anda seperti berikut ini.
  • Apa itu android?
Android adalah sebuah Operating Sistem yang berjalan pada Smartphone ataupun tablet, dengan mempunyai basis Open source seperi Linux pada PC dekstop. Tidak seperti Blackberry, Nokia, ataupun Apple, Android bersifat Universal yang artinya tidak terikat pada sebuah merek Ponsel saja. Memang sampai saat ini OS Android sangat identik dengan brand Samsung, akan tetapi vendor lain seperti Sony, HTC, Lenovo, Nexus, Motorolla, dll juga sudah menggunakan dan mengembangkan aplikasi dari Sistem Operasi ini.
  • Sejarah Android
Android dikembangkan oleh sebuah perusahaan software dengan skala kecil yang bernama Android. Inc yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di kota Palo Alto kawasan California, Amerika Serikat. Adalah Andy Rubin sebagai senior dalam bidang IT dan Communication yang mengajak beberapa kawannya yaitu Rich Miner, Nick Sears, dan Crish White untuk maju mengembangkan Sistem Operasi dengan logo robot hijau ini dengan tujuan bahwa Android Inc ingin mewujudkan sebuah perkembangan mobile device yang dapat mengerti pemiliknya.
Karena konsep dan tujuan yang bagus itulah maka salah satu raksasa perusahaan multinasional yaitu Google bersedia memilikinya. Resmi pada Agustus tahun 2005, Android Inc telah di akusisi oleh Google Inc dan semua sahamnya telah dibeli. Inilah titik balik kemajuan Sistem Operasi yang kini menyebar luas di dunia tersebut, sekaligus sebagai langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke industri Mobile Phone.
Meskipun Google sudah mengambil alih kuasa Android Inc, akan tetapi orang – orang di dalamnya seperti Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Crish White masih tetap dipertahankan dan kini merekapun menjadi bagian dari sejarah perkembangan Google.
Pada Nofember 2007, Google Inc mengajak beberapa perusahaan seperti Broadcom Corporation, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, T-Mobile, Texas Instrument dan Sprint Nextel untuk bersama – sama mendanai bersama proyek android ini dan akhirnya dibentuklah Open Handset Alliance. Saat itu juga dirilis Android berbasis Linux kernel versi 2.6.
Lalu pada Bulan Desember tahun 2008, bertambahlah anggota Open Handset Alliance dengan masuknya 14 perusahaan lainnya, yaitu ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PocketVideo, Softbank, Sony Mobile, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Setelah itu babarapa versi Android telah resmi diluncurkan antara lain :
AndroAndroid v1.1
Android Cupcake v1.5
Android Doughnut v1.6
Android Eclair v2.1
Android Froyo (Frozen Yoghurt) v2.2
Android Ginggerbread v2.3
Android Honeycomb v3.0
Android Ice cream Sandwich v4.0
Android Jelly-bean v4.2
Dan yang akan muncul yaitu Android Kitkat v4.4
Asal Usul Maskot Android
Seperti kita ketahui, maskot utama dari Android adalah Robot Hijau dengan dua antena di kepalanya. Sebenarnya di pilihnya robot hijau tersebut sebagai maskot menurut beberapa sumber mengatakan karena terinspirasi dari sebuah game yang pernah muncul pada era 90’an yaitu Gauntlet : The Third Encounter produksi Atari. Dalam game tersebut, karakter utamanya adalah sebuah robot berwarna abu – abu yang mempunyai bentuk sama persis dengan maskot Android.


Gadget merupakan barang yang sudah sangat familiar bagi semua orang, khususnya gadget-gadget berbasis operasi android. Mungkin hal ini disebabkan karena gadget berbasis android mempunyai banyak keunggulan. Dan salah satu yang paling menonjol adalah kelbihan dalam hal gaming, karena gadget berbasis android merupakan gadget dengan tipe touch screen.

Refferensi:

No comments:

Post a Comment