Friday, January 10, 2014

pengertian CSS Dan PHP Serta Contoh Pemanfaatanya

     Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web  untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi  pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.


 
        Pengertian PHP  adalah pemograman web yang bertipe server side scripting. Ini mernurut kang wahid lo,, teman. Lalu pertanyan lebih lanjutnya apa yang dimaksud dengan server side scripting, ??, server side scripting adalah pemrograman dari sisi script, bahasa gaulnya bisa ditempel dimana saja. Misalnya PHP dihubungkan dengan android. vb atau visual basic dengan php, dan masih banyak lagi penggunaan php yang digunakan sebagai pendaping pemrograman lain yang tentunya biasanya berbasis web.
 
 
Contoh Penggunaan CSS dan PHP untuk Mengganti Background Website

<pre lang="php">
<html>
<head>
</head>
<body>
Konten di sini!
</body>
</html>
</pre>

Setelah body html telah kita buat, tambahkan script css di bawah ini tepat di antara pembuka dan penutup tag html head.

<pre lang="php">
<style type="text/css">
body
{
    background-image: url("<?php echo $background; ?>");
}
</style>
</pre>

Apabila kita melihat pada kode css di atas, kita akan menemukan sebuah script PHP yang disisipkan ke dalam background-image. variable $background ini akan kita berikan nilai sesuai background yang kita mau munculkan sesuai dengan waktu yang kita tentukan.

Tambahkan script php di bawah ini tepat di atas <style>

<pre lang="php">
<?php
$jamSekarang = date("H");
if($jamSekarang >= 6 && $jamSekarang <= 14)
{
    $background = "images/pagi.jpg";
}
elseif($jamSekarang >= 15 && $jamSekarang <= 17)
{
   $background = "images/sore.jpg";
}
elseif($jamSekarang >= 18 && $jamSekarang <= 24)
{
   $background = "images/malam.jpg";
}
else
{
   $background = "images/malam.jpg";
}
?>
</pre>

Pada script php di atas, kita melakukan pengecekan jam pada saat halaman kita diakses dan menyimpannya ke dalam variabel $jamSekarang. Setelah itu kita memberikan kondisi jam sesuai dengan ke inginan kita. Else akhir pada kondisi di atas adalah waktu subuh, atau waktu yang tidak ditentukan pada kondisi if kita. Untuk waktu, kalian bisa menggunakan time() jika kalian mau.
 
Refferensi:

No comments:

Post a Comment