Friday, January 10, 2014

Tips Merawat Touch Sreen

Layar sentuh {bahasa Inggris touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Munculnya Ponsel layar sentuh atau Touchscreen memang unik di jaman sekarang. Kita tinggal sentuh-sentuh aja layar ponselnya saat ngoperasiin ponselnya.Berbeda dengan teknologi dulu yang harus mencet-mencet keypad-nya.Tapi kalau di sadari. Ada kalanya ponsel layar sentuh itu terlalu sensitif terhadap kerusakan. Mulai layar sentuh yang tergores-gores, sampai bisa pecah juga
rawat layar
Agar smartphone Anda awet dan layar selalu tampil prima, maka Anda perlu mengetahui perlakuan yang pas pada touchscreen. Berikut adalah tips yang layak diperhatikan:
-Jauhkan dari sinar matahari
Meski dalam perkembangan ada layar sentuh dengan teknologi AMOLED yang adaptif untuk kondisi outdoor. Tapi untuk menjaga keawetan layar, sebaiknya hindari gadget Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebab hal tersebut dapat merusak kualitas layar LCD.
-Jaga kebersihan layar ponsel
Ketika layar ponsel kamu terkena indikasi kotor. Langsung bersihkan aja dengan kain halus. Seperti kain pembersih kacamata, kain mikro fiber, dan lain sebagainya.
-Voltase Yang Tidak Stabil
Tegangan yang tidak stabil, terutama pada saat proses charging jelas punya dampak negatif pada perangkat elektronik, begitu pun dengan gadget. Bila lambat laun tegangan voltase listrik tidak stabil, akan merusak kualitas LCD.
-Jagalah tempat kamu menaruh ponsel
Kalo anda sedang memakai celana yang super ketat. Hindari taruh di saku/kantongnya lebih -lebih saku di bagian belakng. Itu beresiko merusak layar akibat sering tertekan.
-Berhati-hatilah saat menyentuh layar ponsel sentuh
Hindari penggunaan kuku saat menyentuh layar. Itu bisa melukai perasaan layar sentuh di ponsel kamu. Layar ponsel kamu bisa tergores
-Gunakan Lapisan Anti Gores (Screen Guard)
Screen guard lebih populer sebagai elemen asesoris, tapi perannya cukup penting untuk menjaga keawetan layar dari ancaman goresan dan terpaan sinar matahari.
-Jauhkan dari Benda-Benda yang Mengandung Magnet
Jauhkan gadget Anda dari berbagai benda yang mengandung magnet seperti televisi atau radio. Radiasi dari magnet akan membuat layar perangkat pintar Anda menjadi tidak sensitif lagi. Jadi, hindari meletakkan smartphone, tablet dan perangkat pintar Anda di dekat perangkat-perangkat yang mengandung magnet tersebut.
Info Tambahan
Untuk Screen guard kini ada empat jenis yang ada dipasaran, yakni:
a. Transparan
Anti gores yang satu ini berbahan dasar plastik biasa. Sehingga harganya termasuk paling murah dari jenis lainnya. Anti gores ini juga termasuk yang paling banyak di jual dipasaran. Keunggulan dari anti gores ini sangat baik jika anda gunakan pada siang hari, karena lapisan plastiknya yang bening sehingga anda cukup dengan tingkat kecerahan yang relatif rendah saja, sehingga mampu menghemat baterai.
b. Anti Glare
Anti glare merupakan anti gores yang cukup baik digunakan. Fisiknya hampir mirip dengan anti gores transparan. Namun anti glare memiliki banyak keunggulan yang diantaranya adalah mampu melindungi screen dari goresan debu, melindungi jejak jari anti gemblung, dan anti silau matahari. Bahkan beberapa jenis anti glare yang di jual dipasaran memiliki kelebihan yang lainya, yaitu anti minyak. Jadi ketika anda sedang menelepon dan bersentuhan dengan muka anda yang berminyak. Screen pada gadget anda tidak akan ada bekas minyak yang menempel.
c. Anti Spy
Anti spy merupakan anti gores yang hanya bisa di lihat lurus 90 derajat, sedangkan orang yang ada di samping kita tidak akan bisa melihat. Jenis anti gores ini juga termasuk yang paling laku di jual dipasaran. Kelemahan dari anti spy adalah kita harus mengatur tingkat kecerahaan pada gadget kita semaksimal mungkin. Jika tidak jangan harap anda bisa melihat tampilan screen gadget anda. Hal ini juga akan berakibat borosnya batrai pada gadget anda.
d. Mirror
Anti gores jenis ini hampir mirip dengan anti spy. Bedanya anti gores mirror mempunyai warna dasar silver. Kelebihan dari anti gores ini selain digunakan untuk menghindari goresan pada layar, anti gores ini juga mampu menjadi kaca. Anti gores miror juga memiliki kelemahan, karena warna dasarnya yang silver. Ketika layar tergores dan terpancar sinar matahari akan mengakibatkan kurang nyamannya tampilan gadget.

      Teknologi touch screen adalah teknologi yang sangat canggih, maka dari itu perawatan yang ekstra diperlukan untuk menjaga keawetan dan daya tahan dari teknologi touch screen ini. Sehingga smartphone dengan teknologi touch screen akan dapat kita gunakan dengan nyaman.

Refferensi:

No comments:

Post a Comment