Friday, January 10, 2014

Pengertian Hipotermia Dan Cara Mencegah Serta Mengobatinya


Hipotermia adalah suatu kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.Hipotermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu bagian dalam tubuh di bawah 35 °C.Tubuh manusia mampu mengatur suhu pada zona termonetral, yaitu antara 36,5-37,5 °C. Di luar suhu tersebut, respon tubuh untuk mengatur suhu akan aktif menyeimbangkan produksi panas dan kehilangan panas dalam tubuh


Mengetahui cara mencegah Hipotermia sangat diperlukan dalam kegiatan pendakian gunung, berikut ini adalah beberapa tipsnya;

1. Hindari mendaki gunung memakai kaos dari katun. Bahan katun jika basah oleh keringat sulit keringnya. Ini biasanya menyebabkan menggigil kedinginan walaupun sudah memakai jaket tebal. Sebaiknya gunakan bahan sintetis dan berlengan panjang.

2. Bekal dan cemilan yang praktis sangat berguna sebagai cadangan makanan, dan menghasilkan energi yang baik. 

3. Jangan lupa untuk selalu bawa ponco, dalam keadaan cuaca apapun. Juga penting untuk membawa kaos tangan dan kaos kaki. Khusus kaos kaki membawa ekstra jika perlu.

Jika sudah melihat gejala-gejala tersebut pada teman, segeralah dirikan tenda yang jauh dari terpaan angin dan pada lokasi yang bila hujan air tidak akan merambas pada tenda. Setelah itu, bergegas ganti baju yang basah dengan yang kering, bila perlu gunakan baju dengan bahan wol. Jika tidak ada, gunakan baju berlapis atau kenakan jaket gunung yang berbahan polar dan bila perlu jaket waterproof.

Pakai kaos kaki dan sarung tangan berbahan tebal, serta topi kupluk. Topi kupluk berguna untuk menahan panas dalam tubuh karena biasanya sebagian besar panas tubuh keluar melalui telinga. 

Teguk minuman hangat seperti teh, kopi, jahe atau susu. Untuk menggantikan kalori yang hilang, bisa dengan mengkonsumsi coklat dan biskuit untuk sementara dan mengkonsumsi makanan berat seperti nasi.
  

Hipotermia merupakan sebuah kondisi yang sering kali dialami oleh seorang pendaki gunung. Hipotermia merupakan kondisi yang sangat berbahaya jika yang mengalami dan orang disektarnya tidak mengetahui bahaya ini. Namun jika yang mengalami dan yang berada disekitarnya adalah orang-orang yang mengerti cara mengatasi hipotermia maka dengan melakukan langkah-langkah yang benar, hipotermia akan dapat di obati. 

Refferensi:

No comments:

Post a Comment