Dalam
implementasinya, keuntungan dari e-commerce tidak saja dirasakan oleh
para pebisnis tetapi juga dapat dirasakan oleh konsumen, masyarakat luas
dan pemerintah. Di bawah ini merupakan gambaran keuntungan dan
kekurangan dari e-commerce yang dirangkum dalam tiga bagian, dalam
prespektif produsen, konsumen serta masyarakat dan pemerintahan. Adapun
keuntungan e-commerce pada produsen adalah:
- Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servicenya secara global.
- Mengurangi
penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan
desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
- Mengurangi
waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem
produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara
online.
- Membantu
perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/service yang sangat
spesifik yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena
keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi.
- Mengurangi
waktu dan biaya prosmosi dari produk/service yang dipasarkan karena
tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.
Adapun keuntungan e-commerce pada konsumen adalah:
- Memberikan
kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat
menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia
yang berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak
pertama sepanjang tahun.
- Memberikan
kesempatan konsumen untuk mendapatkan produk/service terbaik dari
berbagai pilihan yang ada karena konsumen mendapat kesempatan untuk
memilih berbagai jenis produk/service secara langsung.
- Memberikan
kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen
untuk berinteraksi, berdiskusi dan bertukar pengalaman. Sehingga akan
sangat menguntungkan produsen untuk meningkatkan kualitas
produk/servicenya sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Adapun
keuntungan e-commerce pada masyarakat dan pemerintah adalah:
- Semakin
banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan
menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja,
belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan
mereduksi polusi udara.
- Meningkatkan
daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service
yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat
menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
- Mengurangi
pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena
cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
- Meningkatkan
daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan
dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk
menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah. Secara umum,
implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari
produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan
menurunkan harga penjualan. Ketika konsumen dapat memilih produk/service
yang terbaik baginya, produsen terus semakin berlomba meningkatkan
kualitas dari produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide baru
yang disukai pasar serta berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap
mendapatkan harga produk/service yang terjangkau. Jika siklus ini
berjalan dengan baik, tingkat produksi dan kualitas akan terus
meningkat, ragam dari produk/service akan semakin banyak dan harga akan
semakin terjangkau. Selain itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan
keberanian bagi pemula bisnis untuk memulai usahanya karena setiap orang
dapat memulai bisnisnya walau sekecil apapun dan sebegitu spesial
produk/service yang dihasilkan.
E-commerce memang sebuah sistem jual beli yang banyak memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh e_commerce. Namun semua sistem yang diciptakan manusia pasti ada kekurangannya. Beikut adalah beberapa kekurangan e-commerce:
- Tampilannya sangat sederhana
- Barang yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Penjelasannya barang kurang jelas
- Desain kurang menarik
- Harganya kadang tidak sesuaiInformasi barang terlalu rumit
- Tampilan produknya kurang jelas
- Produk kurang dikenal oleh masyarakat
1. http://e-commerce.site90.net/
2. http://info-ecommerces.blogspot.com/2011/10/kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce.html
No comments:
Post a Comment