Tuesday, June 25, 2013

Tips Untuk Setting Local Hosts

       Bagi para pengguna website terutama para developer dan pemberi layanan jasa hosting dan domain tentu harus memikirkan tentang keamanan dan kehandalan jaringan internet dan layanan nya, untuk itu banyak digunakan metode metode pengamanan jaringan internet baik dengan cara membuat sistem keamaan di jaringanya ataupun dengan cara sederhana, salah satu pengamanan jaringan adalah dengan mengedit file hosts di dalam personal computer, dengan mengedit secara benar maka file hosts dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang mengandung unsur asusila atau bahkan selain masalah keamanan file hosts ternyata juga dapat digunakan untuk melakukan pengetesan domain name tanpa harus mematikan atau down server dari domain lama yang akan dites sehingga menjadi keuntungan bagi pihak penyewa jasa layanan maupun penyedia jasa layanan hosting dan domain.
       Umumnya penggunaan file hosts adalah untuk mengalihkan suatu akses dari komputer anda menuju ke suatu alamat homepage ataupun website lainnya.Sebelum lebih jauh menjelaskan tentang bagaimana cara setting hosts file akan kami jelaskan sedikit tentang host file itu sendiri terlebih dahulu. Hosts file adalah sebuah file yang digunakan oleh sistem operasi yang berfungsi untuk memetakan hostname ke IP adress di personal computer masing-masing, dengan cara inilah maka dapat diatur IP mana saja yang bisa diakses dan IP mana saja yang tidak dapat diakses di personal computer tersebut.
Berikut ini langkah – langkah Tips Setting Local Hosts :
  • Bukalah file hosts yang letaknya di C:\Windows\System32\driver\etc\hosts
  • Edit dengan menggunakan notepad
  • Masukan IP adress dan url yang akan di hosts ke PC tersebut.
  • Untuk memblokir url tertentu masukan IP adress 127.0.0.1 kemudian url yang akan di blokir
  • Kemudian simpan file tersebut

Pada contoh gambar dibawah dijelaskan bahwa personal computer tersebut memblokir situs youtube dan menghostkan url lainya :
Tips Setting Local Hosts  Pictures


Analisis
     Local hosts merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya. Bisa disebut juga sebagai perangkat yang digunakan untuk membangun webserver di komputer kita

Refferensi:

  1.  http://congkel.com/tips-setting-local-hosts/ 
  2. http://www.maniacms.web.id/2012/01/pengertian-dari-localhost.html

No comments:

Post a Comment