Tuesday, June 25, 2013

Merubah Notepad Menjadi Aplikasi To Do List

    Catatan pekerjaan atau pun daftar pekerjaan (to do list), biasanya dibuat dalam format manual (tulis tangan). Dan berbagai kertas atau pun catatan-catatan kecil pun disiapkan untuk mengurutkan daftar berbagai macam pekerjaan yang akan dikerjakan (to do list). Hal ini tentu bukanlah merupakan solusi yang tepat jika anda orang yang pelupa. Ketika anda menulis catatan-catatan tersebut, namun anda lupa menaruh catatan tersebut di bagian mana, maka hilanglah sudah catatan-catatan pekerjaan tersebut. Celakanya lagi, jika memang anda sudah mencatat daftar pekerjaan lengkap dengan deadline nya, namun tiba-tiba kertasnya hilang entah kemana, dan anda lupa pula jadwal deadline nya. Padahal itu merupakan pekerjaan penting anda misalnya.
Cara Modifikasi Notepad Menjadi Aplikasi To Do List
Nah, apakah ada solusi lain untuk mengatasi hal ini ? Atau apakah ada solusi lain yang lebih baik daripada membuat catatan-catatan to do list pada kertas atau pun catatan kecil ? tentu saja ada. Dan solusi itulah yang akan congkel bahas pada artikel congkel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana cara membuat atau pun memodifikasi notepad menjadi aplikasi to do list. Namun yang harus anda ingat, cara ini hanya berlaku untuk sistem operasi windows versi xp atau biasa disebut dengan windows xp.
Berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama-tama, copy kode html berikut:
    Cara Modifikasi Notepad Menjadi Aplikasi To Do List Pictures
  1. Dan pastekan ke aplikasi Notepad.
  2. Simpan dokumen teks tersebut dan pastikan ubah Save as type nya ke All Files.
  3. Kemudian beri nama file anda dengan format .html, contoh: todo.html , klik tombol Save.
  4. Tutup aplikasi Notepad dan kembali ke Desktop Anda.
  5. Klik kanan pada layar desktop dan klik Display Properties – Desktop – Customize Desktop.
  6. Pada jendela baru, klik menu tab Web –> New.
  7. Terakhir, klik tombol Browse dan temukan file ekstensi .html yang tadi anda buat dan kemudian klik tombol OK.
Analisis
       Merubah notepad menjadi aplikasi to do list akan sangat membatu dalam hal pencatatan hal-hal penting yang harus disimpan. Lalu apakah kelebihan menggunakan aplikasi to do list ini, dengan menggunakan aplikasi to do list maka kita tidak akan lupa tempat penyimpanan catatab yang igin kita lihat lagi.
Refferensi:
  1. http://congkel.com/cara-modifikasi-notepad-menjadi-aplikasi-to-do-list/

No comments:

Post a Comment