Tuesday, June 25, 2013

Sistem Restore Point Pada Windows

       Pada sistem operasi windows ada banyak hal yang dapat dilakukan. Ada banyak sekali seluk beluk yang dapat dijadikan bahan eksperimen jika anda memang merupakan orang yang sangat senang melakukan eksperimen terhadap suatu hal. Pada sistem operasi windows juga menyediakan akses administrator sistem. Dan jika anda senang dengan melakukan eksperimen terhadap hal ini, maka anda pasti kenal dengan yang namanya restore point. Seperti yang telah anda ketahui, system restore ini bukanlah merupakan hal baru dalam sistem operasi windows. Bahkan system restore ini sudah diperkenalkan sejak diluncurkannya Windows ME ke publik oleh pihak microsoft.
Cara Membuat Sistem Restore Point Pada Windows 7 Pictures
Kita akan menjelaskan sedikit mengenai system restore ini. Mungkin anda belum pernah mengengar istilah system restore. System restore point ini merupakan suatu hal yang memungkinkan seorang administrator windows untuk mengembalikan system pada kondisi semula tanpa kehilangan data dan beberapa setting yang telah anda lakukan. System restore point ini akan bermanfaat bagi anda apabila pada sebuah sistem operasi windows mengalami masalah dan menyebabkan windows tidak berjalan dengan stabil.
Nah, sudah dapat gambaran bukan mengenai system restore point ini ? Bagaimana cara membuat sistem restore point ini pada windows 7 ? Hal itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Lebih tepatnya yaitu bagaimana cara membuat sistem restore point pada windows 7.
Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama-tama, klik Start dan arahkan mouse pada computer.
  2. Klik kanan Computer dan pilih Properties.
  3. Kemudian, setelah keluar jendela System, klik System Protection.
  4. Secara otomatis akan Keluar lagi jendela System Properties dan Klik tombol Create.
  5. Beri nama nya sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu, klik tombol Create.
  6. Tunggu beberapa saat sampai windows mengumpulkan informasi pada komputer anda dan membuat system restore point nya.
  7. Terakhir, klik tombol Close jika prosesnya sudah selesai.
Jika semua tahap di atas sudah selesai, maka saat ini anda telah berhasil membuat sistem restore point pada laptop atau pun komputer anda. Dan ini dapat anda gunakan saat anda membutuhkannya.

Tujuan Membuat Restore Point
  1. Agar dapat memanfaatkan (menjalankan) fungsi System Restore jika sedang mengalami suatu problem komputer.
  2. Agar komputer memiliki backup konfigurasi sistem yang bisa dipanggil kembali dengan mudah dan cepat (recall).
  3. Mem-backup konfigurasi sistem disaat akan melakukan suatu perubahan registry atau merubah setting konfigurasi pada komputer. Sehingga bila terjadi kegagalan karena perubahan tsb., maka sistem bisa dikembalikan ke konfigurasi awal dengan mudah.
 Analisis

       Restore Point adalah sebuah catatan konfigurasi sistem pc, dinyatakan dalam bentuk tanggal saat catatan tersebut dibuat (oleh sistem atau oleh User). Catatan ini bisa digunakan untuk memanggil kembali (recall) suatu konfigurasi sistem yang lalu, untuk digunakan kembali.
       Dengan menggunakan sistem restore point para pengguna pc atau laptop akan sangat terbantu dengan jika mengalami masalah pada saat terjadi kesalahan saat menggunakan pc atau latop, misalnya saja saat data yang tidak sengaja terhapus.

Refferensi:
  1. http://kangtokkomputer.weebly.com/membuat-restore-point.html
  2. http://congkel.com/cara-membuat-sistem-restore-point-pada-windows-7/

No comments:

Post a Comment