Tuesday, June 25, 2013

Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dalam Waktu Yang Lama

        Baterai laptop adalah jeroan laptop yang sangat penting, betapa tidak, untuk mendukung mobilitas tinggi makanya laptop di berikan baterai agar dapat digunakan saat mati lampu atau berada di tempat yang tidak memiliki listrik. dan masalah ketahanan baterai juga menjadi momok dikalangan pengguna laptop saat ini, dan banyak yang tidak memperhatikan hal-hal yang dapat membuat baterai jadi tidak awet dan rusak. banyak mitos yang beredar dimasyarakat awam tentang bagaimana penggunaan laptop agar baterai tahan lama dan umur panjang. congkel akan mengulas sedikit tips bagaimana menghemat baterai laptop.

Mitos Tentang Baterai Laptop

      Banyak tips menghemat baterai laptop yang bertebaran di internet yang menyatakan bahwa apabila menggunakan laptop saat ada listrik sebaiknya mencabut baterai dan menyambung langsung laptop ke listrik tanpa baterai melalui adaptor.

Kenyataannya

        Laptop keluaran tahun 2009 ke atas sudah memiliki fitur autostop charge atau sering juga di sebut smart charge, yaitu batrai memeliki komponen elektronik yang akan mengatur charge otomatis, saat baterai penuh baterai akan secara otomatis tidak di charge lagi namun masih tetap menggunakan komponen dalam baterai untuk membagi arus ke laptop karena laptop membutuhkan daya sekitaran 11-12volt (berbeda setiap laptop), dan arus yang di hasilkan oleh adapter rata adalah 19 volt  ( hampir semau charge lebih besar arusnya di bandingkan baterai baik baterai lapto atau pun ponsel dan lain-lainnya). apabila anda melepaskan baterai dari laptop maka arus yang diterima laptop adalah 19 volt dan hal ini akan membuat laptop anda rusak terutama pada komponen resistor yang terdapat pada motherboard laptop anda karena arus yang diterima terlalu besar lama kelamaan akan menurun kualitasnya dan akan rusak. Pada Intinya gunakan baterai anda saat sangat membutuhkannya apabila memeliki arus listrik sebaiknya menggunakan adaptor pada laptop anda tanpa melepaskan baterai.
Mitos Seputaran Baterai Laptop ( Tips Agar Baterai Awet ) Pictures

Tips agar baterai tidak cepat soak

Berikut adalah hal-hal yang harus di hindari dalam penggunaan laptop agar baterai tahan lama.Perlu di ingat baterai memiliki cycle (siklus hidup) dimana setiap tahunnya baterai akan menurun kemampuan menyimpa arus sebesar 20% setiap tahunnya.
  1. Apabila anda terpaksa menggunakan baterai pastikan saat baterai berada 10% hentikan pemakaian dan segera di isi ulang. jangan biarkan laptop anda mati sendiri karena kahabisan baterai.
  2. Hindari penggunaan laptop dia atas sofa, tempat tidur dan lainnya yang menyumbat sirkulasi udara pada laptop karena akan menyebabkan overheating yang akan membuat laptop panas berlebihan selain merusak komponen lainnya juga merusak baterai.
  3. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu lama, isi baterai hingga penuh dan cabut baterai dari lapto dan simpan baterai dan laptop dalam suhu sejuk namun kering tidak di tempat lembab.
  4. Gunakan pengaturan power management pada laptop untuk mengatur laptop  anda lebih hemat pengguaan baterai dengan cara buka CONTROL PANEL  pilih SYSTEM AND SECURITY pilih POWER OPTIONS dan klik CHANGE PLAN SETTINGS, Gunakan settingan pada On battery dengan settingan paling minimal.
    Mitos Seputaran Baterai Laptop ( Tips Agar Baterai Awet ) Pictures

    CARA MENGHEMAT BATERAI LAPTOP
  5. Hindari aktifitas multitasking (membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan) saat menggunakan baterai hal ini akan mebuat laptop berkerja extra dan menguras baterai  karena prosesor memebutuhkan asupan daya untuk mmproses semua perkerjaan pada waktu bersamaan, gunakanlah program yang memang sangat dibutuhkan saja.
  6. Pastikan anda menggunakan adapter/ charge original dan di peruntukan untuk laptop anda karena berbeda kebutuhannya setiap laptop. dan sesekali cek kuningan yang menghubungkan laptop dan baterai dalam keadaan baik tidak berdebu dan berkarat.

 
Analisis
          Baterai laptop adalah salah satu komponen utama dari sebuah laptop, namun seringkali laptop selalu bermasalah pada komponen yang satu ini. Alangkah baiknya jika tidak asal-asalan memperlakukan baterai laptop, karena harga baterai laptop juga cukup mahal. Dengan membaca uraian diatas kita bisa mensiasati supaya baterai laptop tetap dalam kondisi bagus dalam waktu yang lama.
Refferensi:
  1. http://congkel.com/mitos-seputaran-baterai-laptop-tips-agar-baterai-awet/

No comments:

Post a Comment