Friday, June 14, 2013

Keaneka Ragaman Manfaat Kotoran Sapi

        Kotoran sapi merupakan merupakan salah satu jenis limbah yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia. Akan tetapi masih banyak para pemilik sapi yang menghasilkan banyak kotoran sapi kurang jeli dalam memanfaatkannya, sehingga banyak kotoran limbah kotoran sapi yang tidak dapat menghasilkan keuntungan bahkan menjadi hal yang merugikan baik untuk pemilik sapi ataupun untuk lingkungan. Hal ini dikarenakan jikan limbah kotoran sapi hanya dibuang tanpa diolah untuk dimanfaatkan dapat berdampak pada kerusakan lingkungan. Misalnya saja pencemaran yang berdampak pada kebersihan sungai.
        Oleh karena itu banyak solusi yang dapat kita pakai untuk memecahkan masalah ini. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan limbah kotoran sapi ini. Diantaranya dengan memgolah kotoran sapi menjadi hal yang ekonomis sehingga dapat memeberikan dua keuntungan sekaligus yaitu untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan juga memberikan keuntungan secara ekonomis. Kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, diantaranya adalah:
1. Pengolahan kotoran sapi menjadi biogas.

 2. Pengolahan kotoran sapi menjadi batu bata.

3. Pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik.

4. Pengolahan kotoran sapi menjadi pakan lele.

5. Pengolahan kotoran sapi untuk pembangkit listrik.


        Dengan begitu banyaknya manfaat dari kotoran sapi yang bisa saja menjadi limbah dan bahkan dapat merusak lingkungan jika hanya langsung dibuang dan tidak dimanfaatkan. Oleh sebab itu pemerintah harus lebih jelih untuk selalu memberikan penyuluhan kepada para peternak-peternak sapi agar dapat mengurangi kerusakan lingkungan terutama lingkungan aliran sungai juga dapat memberikan penghasilan lebih dari kotoran sapi yang dihasilkan.
         

No comments:

Post a Comment