Monday, June 24, 2013

Manfaat Antivirus Untuk Komputer

Antivirus adalah sebuah program applikasi yang berfungsi untuk mendeteksi dan membasmi program-program perusak, yang disebut malicious code pada perangkat komputer. Jika database antivirus tidak mampu membasmi suatu malicious code, maka biasanya antivirus akan mengkarantina program perusak tersebut. Durasi waktu pengkarantinaan akan ditentukan sampai antivirus menemukan formula untuk membasmi malicious code. Pengguna juga bisa langsung menghapus data yang diserang malicious code yang tersimpan pada folder karantina.
Untuk memudahkan para pengguna, program antivirus memberikan fasilitas penjadwalan yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Penjadwalan yang dimaksud adalah jadwal untuk men-download (mengunduh) database maupun versi, juga jadwal untuk scanning (mendeteksi) secara otomatis. Namun untuk jadwal men-download tentunya perangkat komputer harus tersambung ke jaringan internet. Proses peng-update-tan (pemukhtahiran) database bisa juga dilakukan secara manual.
Manfaat Antivirus Bagi Komputer:
  1. Mencegah serangan virus dan spyware, baik serangannya melalui internet maupun melalui removable media seperti flashdisk atau memory card.
  2. Memantau aktifitas pemakaian internet anda, dan beberapa antivirus berkualitas akan memberi warning kalau situs yang anda masuki memiliki virus, atau salah satu situs phishing.
  3. Proteksi atas perusakan file yang diakibatkan serangan virus
  4. Mencegah crash atau istilah yang umum hang pada komputer anda, karena beberapa virus akan membebani resource komputer anda sampai komputer anda tidak sanggup melakukan apa-apa.
Inilah daftar 10 Antivirus 2013 yang bisa dijadikan pertimbangan sebagai antivirus pilihan anda. Antivirus sangat penting untuk melindungi komputer anda dari serangan virus ataupun program-program yang tidak di inginkan. Masing-masing antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan memilik antivirus yang tepat maka penggua komputer tidak perlu khawatir akan data-data penting  di komputer.




Sebagai calon pengguna ada baiknya mengetahui kinerja antivirus yang akan digunakan untuk komputernya. Berikut ini adalah antivirus terbaik berdasarkan bebagai aspek yang telah di uji kemampuanya oleh ahlinya. Info ini bersumber dari topnews.
  1. Bitdefender Antivirus Plus.
    Antivirus yang satu ini sudah berkali-kali berada di posisi satu. Menurut toptenreviews  urusan perlindungan Bitdefender Plus ini mendapat score mencapai 100%.
  2. Kaspersky AntiVirus 2013
    Antivirus juga dikenal handal dan mudah sekali di jumpai di Indonesia. Saat ini Kaspersky sedang gencar berpromosi dengan berbagai media. Menurut toptenreviews perlindungan Kaspersky antivirus ini mendapatkan score hingga 92%.
  3. Norton Antivirus Pro 2013
    Norton antivirus memiliki banyak pengguna dan kinerja yang cukup stabil. Menurut situs toptenreview Dari segi perlindungan antivirus mendapat nilai 92%.
  4. F-Secure Antivirus 2013
    Antivirus yang satu ini bisa dikatakan pemain baru. Namun jangan salah segi perlindungan menurut toptenreviews mendapat score mencapai 100%. Namun kurang di faktor penilaian lainya.
  5. G Data AntiVirus 2013
    Antivirus yang satu ini mungkin sedikit asing bagi pengguna di Indonesia. Namun antivirus ini mendapat secor perlindungan yang cukup tinggi yaitu 100%. tetapi kurang di penilaian lainya.
  6. BullGuard Antivirus 12
    Antivirus ini munking juga masih asing di telinga pengguna tanah air. namun bisa juga dijadikan pertimbangan. Bullguard mendapatkan score perlindungan 83%.
  7. AVG Antivirus 2013
    Sebagai pemain lama di dunia perlindungan keamanan komputer, antivirus AVG sangat populer sampai sekarang. Akan tetapi penilaian perlindungan AVG hanya mengantongi score sebesar  83%.
  8. Avast! Pro 2013
    Avas memiliki pengguna yang tidak sedikit. Namun dari segi perlindungan avast mendapat secore yang imbang dengan avg yaitu 83%.
  9. Avira Antivirus Premium 2012
    Avira sama halnya dengan AVG yang merupakan pemain lama dan sudah sangat populer di kalangan pengguna komputer. namun sayangnya Avira hanya mendapat secore perlindungan sebesar 67%.
  10. ESET NOD32 2013
    Eset Node32 memiliki cukup banyak pengguna, Antivirus ini juga dikenal cukup ringan tidak memberatkan sistem. Namun secore perlindunganya sekitar 58%. 
Analisis:
Antivirus merupakan software  keamanan yang mutlak ada pada sebuah perangkat komputer.Hal ini tentu saja tidak lepas dari begitu pentingnya peran sebuah software antivirus dalam menjaga keamanan system komputer.Namun tentu antivirus tidak selalu dapat bekerja dengan maksimal, jika software antivirus yang dipakai tidak di perbarui(di update) databasenya. Selain itu cara pemilihan software antivirus yang sesuai kebutuhan juga harus dipikirkan. Hali ini karena Setiap antivirus mempunyai kelebihan masing-masing dalam menjaga keamanan komputer.

Refferensi:

1 comment:

  1. Saya rasa bagi pengguna windows 8 dan 10 tidak perlu lagi menggunakan antivirus tambahan, sebab pada versi windows tersebut sudah terpasang secara bawaan pada sistemnya yaitu antivirus Windows Defender. Kecuali pada versi windows dibawahnya harus mendownload aplikasinya langsung pada situs microsoft.
    Tetapi tidak masalah juga jika anda mau memasang antivirus lainnya. Pilihlah antivirus terbaik untuk PC/Laptop yang sesuai dengan spesifikasi agar kinerjanya tidak membuat lambat PC/Laptop anda.

    ReplyDelete