Tuesday, June 25, 2013

Mempercepat Proses Booting Pada Komputer

        Mungkin tidak semua orang dapat mengotak atik sistem operasi windows dengan baik agar dapat dioptimalkan penggunaan nya. Dewasa ini masih saja banyak kita lihat pengguna windows yang rajin menginstall ulang laptop atau pun komputernya di karenakan berbagai macam masalah yang ada pada windows. Dari yang katanya terkena virus, Sistem nya tidak dapat berjalan dengan cepat, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang lainnya. Padahal, jikalau pengetahuan dan ilmu yang kita punya cukup mumpuni untuk memahami sistem operasi ini, pasti tidak akan timbul sedikit pun masalah, atau paling tidak masalah yang ditimbulkan tidak begitu banyak sampai harus menginstall ulang laptopnya.
Trik Mempercepat Booting Pada Windows 7 Tanpa Software Pictures
         Dan yang lebih parahnya kebanyakan orang malah lebih menyalahkan performa laptop nya yang kurang bagus dan spesifikasi nya yang kurang handal. Padahal jikalau konsumen yang memakai dapat merawat luar dalam nya dengan baik, pasti tidak akan ada masalah. Oleh karena itu, kami akan coba membahas mengenai sedikit pengetahuan tentang bagaimana trik mempercepat booting pada windows 7. Kami coba bahas hal ini dikarenakan banyak terjadi di banyak laptop, saat menghidupkan nya terasa begitu lama. Dan mungkin hal inilah salah satu solusinya.
Beberapa tips nya adalah sebagai berikut.
1. Menambah kapasitas atau alokasi memori proses booting
Caranya:
  1. klik Tombol Start atau tombol windows pada keyboard dan ketikkan msconfig pada kotak pencarian (search), kemudian klik menu yang muncul.
  2. Nanti akan terlihat tab menu Boot dan anda klik Advanced Options. Kemudian akan tampil suatu jendela pengaturan untuk mengatur berapa alokasi memori yang anda inginkan untuk proses booting.
  3. Centanglah terlebih dahulu pada kotak Number of Processors dan Maximum Memory (Maximum Memori ada baiknya tetap di angka 2048), lalu rubahlah Number of Processors menjadi 2.
  4. Setelah itu klik Ok.
Proses penambahan alokasi prosesor dan memori telah selesai.
2. Merapikan file-file yang ada dengan Disk Defragmenter
Caranya:
  1. Klik tombol start atau tombol windows pada keyboard.
  2. Ketikkan Disk Defragmenter pada kotak pencarian (search) (Secara otomatis akan keluar jendela yang menyediakan beberapa disk yang bisa di defrag).
  3. Langsung saja klik 2 kali pada disk yang ingin di defrag (utamakan terlebih dahulu yang C) dan klik defragment disk.
  4. Tunggulah hingga proses nya selesai.
Analisis
         Booting adalah proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.Tahap awal proses booting yang dilakukan oleh sistem operasi adalah bootstrap loader yang bertujuan untuk melacak semua I/O yang terpasang pada komputer.Dengan melakukan tips diatas maka lama waktu yang dibuthkan komputer untuk proses booting akan lebih singkat, sehingga kita akan lebih nyaman dalam menggunakan komputer.

Refferensi:

  1. http://congkel.com/trik-mempercepat-booting-pada-windows-7-tanpa-software/

No comments:

Post a Comment