Monday, June 24, 2013

Pengertian Dan Fungsi Database

Database merupakan kumpulan informasi yang saling berhubungan.  Hubungan antar data ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam table terdapat record-record yang sejenis, record  merupakan satu kumpulan yang seragam.
Fungsi Database
Fungsi-fungsi database yang digunakan untuk menghitung RekapitulasiData adalah sebagai berikut:
1.=DSUM(database;field;criteria)
Digunakan untuk menghitung jumlah dari data tertentu.
2.=DMAX(database;field;criteria)
Digunakan untuk mwnghitung nilaidata maksimal dari data tetentu.
3.=DMIN(database;field;criteria)
Digunakan untuk menghitung nilaidata minimal dari data tertentu.

Contoh Penggunaan Database Dalam Lehidupan Sehari-hari
Database dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari contohnya ketika kita belanja di supermarket dan ketika kita akan membayar belanjaan kita pada kasir,tentu saja yang di lakukan kasir yaitu kasir akan memasukkan data belanjaan kita pada computer kecil di sebelahnya dan selembar struk belanjaan berisi daftar belanjaan, lengkap dengan jumlah harga dan kembaliannyapun keluar dari mesin pencetak. Nah, Contoh tersebut di atas itu merupakan contoh database di dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya tersimpan data semua produk barang, harga barang dll. Database bisa di pakai jika di perlukan.Sistem yang ditujukan untuk menangani database tersebut di sebut dengan DBMS (Database Management system). Dengan DBMS pemakaian dapat menambahkan data, menghapus data, mengubah data, mencari data, menampilkan data dengan kriteria tertentu, mengurutkan data, dan salah satu database yang popular adalah database relasional. Ada banyak sekali aplikasi DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe.
Selain itu juga penggunaan database dapat kita lihat di perpustakaan. Buku yang ada di perpustakaan merupakan system yang menggunakan database. Peminjam diberi kartu perpustakaan untuk memudahkan pengelola perpustakaan memasukkan kode ID peminjam, buku apa yang dipinjam, tanggal meminjam dan tanggal mengembalikan. Buku diberi kode sesuai jenis dan diletakkan di rak urut berdasarkan nomor kode. Ini merupakan system database manajemen yang sederhana.
Peggunaan database juga dapat kita temukan pada pengolahan data mahasiswa di Universitas. Data mahasiswa mulai dari nomor induk, nama, alamat, nomor handphone dapat dengan mudah ditemukan dengan menggunakan database. Suatu database harus disusun dengan baik sehingga kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan secara cepat, berapapun banyaknya data tersebut.
Suatu contoh lainnya yaitu database dalam mencari nomor handphone seseorang di kontak handphone ataupun kamus, kita bisa mencari nama atau kata yang kita inginkan dengan waktu yang tidak terlalu lama.
Analisis
 
Sistem database adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan, sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan

Keuntungan Pemakaian Database:
1.      Terkontrolnya kerangkapan data.
2.      Terpeliharanya keselarasan data apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan.
3.      Data dapat dipakai secara bersama.
4.      Keamanan data terjamin.
5.      Terpeliharanya integritas data.
6.      Terpeliharanya keseimbangan (ketersediaan) data dari berbagai macam kebutuhan data yang berbeda dalam setiap aplikasi.

Kerugian Pemakaian Sistem Database:
 
1.      Storage (tempat penyimpanan data) yang digunakan besar.
2.      Dibutuhkan tenaga yang terampil dalam mengelola data.
3.      Perangkat lunaknya mahal.
4.   Kerusakan pada sistem basis data dapat mempengaruhi departemen lain yang terkait.
Refferensi:



No comments:

Post a Comment