Tuesday, June 25, 2013

Memperbaiki Dokumen Word Yang Rusak

Aplikasi office layaknya Ms. Word merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting baik di kalangan perkantoran maupun di kalangan masyarakat. Siapa yang tidak butuh menyimpan data ? Mungkin jawaban nya tidak ada. Semua orang butuh aplikasi yang dapat menyimpan data atau dokumen. Contohnya saja seperti pedagang yang sedang berjualan di tokonya. Mungkin bisa saja dia mencatat semua dagangan nya yang laku dengan tangan nya di kertas. Namun, untuk menyimpannya dengan aman, akan sangat susah dikarenakan data itu di catat di kertas. Bisa saja kertas itu suatu saat hilang atau sobek atau berbagai masalah lainnya. Jadi, sudah pasti dia butuh aplikasi seperti Ms. office untuk menyimpan datanya itu agar data tersebut dapat lebih aman dan dapat lebih mudah diambil atau dilihat kembali saat di butuhkan.
Tips Mudah Memperbaiki File Ms. Word yang Corrupt atau Rusak Pictures
Contoh lainnya adalah seperti mahasiswa. Mahasiswa yang sedang menghadapi masa semester akhir dan harus menyelesaikan tugas akhir nya atau yang biasa disebut dengan skripsi. Bukanlah hal yang mudah untuk menyelesaikan semua itu dalam waktu yang singkat. Pada saat tugas tersebut hampir selesai, dan ketika ingin menyambung untuk menyelesaikan nya segera, tiba-tiba file dokumen Ms. Word yang berisi semua tugas skripsi tersebut tidak dapat dibuka alias rusak atau corrupt. Begitu menyakitkan bukan ? Setelah sekian lama menyelesaikan tugas akhir itu, bahkan sampai terus begadang tiap malam nya hanya demi tugas akhir, namun pada saat hampir selesai, file nya corrupt (rusak).
Nah, dikarenakan hal tersebut, disini kami akan membahas sedikit mengenai bagaimana cara mudah memperbaiki file Ms. Word yang corrupt. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut.
  1. Jalankan aplikasi Ms. Word dan kemudian tekan shortcut Ctrl + O (Untuk membuka file Ms. Word yang diinginkan)
  2. Klik pada dokumen Ms. Word yang corrupt
  3. Pada button open paling bawah pojok kanan, klik pada tanda panah nya
  4. Kemudian pilih Open and Repair
Dengan cara ini, sistem computer akan mencoba memperbaiki file yang rusak tersebut. Apabila berhasil, maka dokumen nya akan terbuka secara otomatis. Jika gagal, maka coba sekali lagi.

Analisis:
      Sebenarnya data microsoft word tampak rusak bukan disebabkan karena virus atau komputer kamu rusak, namun karena kelalaian pengguna ketika menyimpan dan membuka data microsoft word. Umumnya pengguna awam atau yang baru mengenal komputer.idak menyadari micrsoft word versi berapa yang mereka gunakan ketika menyimpan dan ketika membuka.  Dalam kasus ini yaitu ketika pengguna menyimpan data menggunakan microsoft word versi 2007 kemudian membukanya dengan microsoft word versi 2003 ke bawah, tentunya microsoft word versi lama tidak mendukung format penyimpanan word 2007, sehingga ketika di buka pada word 2003, data akan tampak hancur berantakan dan kotak-kotak. 

Refferensi:
  1. http://congkel.com/tips-mudah-memperbaiki-file-ms-word-yang-corrupt-atau-rusak/ 
  2. http://belajar-komputer-mu.com/data-dalam-file-microsoft-word-rusak-tampil-kotak-kotak/

No comments:

Post a Comment